Flu dan Batuk Usai Pulang dari Hong Kong dan China, TKW Tulungagung Diisolasi

Adhar Muttaqin - detikNews
Rabu, 04 Mar 2020 16:16 WIB
rsud dr Iskak tulungagung
RSUD dr Iskak, Tulungagung (Adhar Muttaqin/detikcom)
Tulungagung -

RSUD dr Iskak, Tulungagung, mengisolasi seorang pasien TKW yang baru pulang dari Hong Kong dan China. Si pasien mengalami flu dan batuk.

Direktur RSUD dr Iskak, Supriyanto, mengatakan pasien berinisial DS, warga Kecamatan Rejotangan, tersebut saat ini menjalani perawatan di ruang isolasi. Namun kondisinya berangsur-angsur membaik.

"Informasi yang beredar di medsos bahwa ada pasien dari Rejotangan yang terinfeksi virus Corona itu tidak benar. Yang benar, kami merawat pasien yang baru pulang dari Hong Kong," kata Supriyanto saat dimintai konfirmasi, Rabu (4/3/2020).

Penanganan medis dengan mengisolasi pasien tersebut sebagai salah satu standard operating procedure (SOP) sebagai antisipasi virus Corona. Sebab, pasien baru saja pulang dari Hong Kong pada 27 Februari lalu.

"Karena pasien tersebut baru pulang dari daerah atau negara yang terpapar virus Corona, perlakuan standar dari rumah sakit adalah melakukan pengawasan dan dirawat di ruang isolasi," ujarnya.

Pihaknya mengaku, meski pasien tersebut belum dinyatakan positif atau negatif virus Corona, petugas medis tetap menjalankan prosedur. Ia menyebut, bila pasien tersebut positif Corona, pihaknya tidak sampai kecolongan.

Simak Juga Video "Penyampaian Kasus Virus Corona Adalah Kewenangan Kemenkes"

[Gambas:Video 20detik]