TKW dari Hong Kong Heran Tak Diperiksa Kesehatan di Bandara Juanda

Amir Baihaqi - detikNews
Senin, 02 Mar 2020 15:27 WIB
Wabah Virus Corona semakin meluas. Pengawasan kesehatan penumpang dari luar negeri di bandara berbagai negara semakin diperketat. Lalu bagaimana pengawasan di Bandara Internasional Juanda?
Penumpang dari luar negeri di Bandara Juanda/Foto: Amir Baihaqi
Sidoarjo -

Seorang TKW dari Hong Kong mengaku heran tak mendapatkan pemeriksaan kesehatan di Bandara Juanda Surabaya. Ia hanya diminta mengisi formulir.

TKW itu yakni Leha (32). Menurutnya, tidak ada thermo scanner untuk mengecek suhu badan penumpang dari luar negeri, terkait mewabahnya Virus Corona.

"Thermo scanner saya lihat nggak ada. Langsung ngisi formulir yang satu diserahkan ke petugas dan satu dibawa yang robekannya itu," ujarnya kepada detikcom, Senin (2/3/2020).


Ia heran karena apa yang dialaminya di Juanda, sangat jauh berbeda dengan yang dilakukan sejumlah bandara di dunia. Menurutnya, pemeriksaan di bandara luar negeri sangat ketat.

"Ya heran kok nggak ketat gitu. Padahal di bandara luar negeri diperketat sekali. Makanya kita nggak ada Virus Corona, ya mungkin karena pemeriksaannya seperti itu," imbuh perempuan asal Banyuwangi.


Pendapat serupa disampaikan Wahyu (38), salah seorang penumpang yang baru tiba dari Thailand. Ia juga tidak mendapatkan pemeriksaan kesehatan dan hanya disuruh mengisi sejumlah formulir.

"Nggak ada tadi. Cuma disuruh ngisi formulir sama petugas," tandasnya.

Tonton juga Polisi Tangkap Pengirim TKW Ilegal di Makassar :

[Gambas:Video 20detik]

(sun/bdh)