Kapal Pesiar Akan Sandar di Tanjung Perak, Ini Langkah Risma Cegah Virus Corona

Esti Widiyana - detikNews
Senin, 02 Mar 2020 13:43 WIB
Wali kota risma
Wali Kota Risma/Foto: Esti Widiyana
Surabaya -

Kapal Pesiar Viking Sun dikabarkan bakal bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Untuk mengantisipasi penumpang suspect corona, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengambil langkah untuk rencana kedatangan kapal tersebut pada 6 Maret.

Diketahui, Kapal Pesiar berbendera Norwegia itu mengangkut 1.600 turis mancanegara. Kebanyakan penumpang dari Australia dan London.

"Kami sudah komunikasi dengan Kementerian Kesehatan maupun Dinas Kesehatan Provinsi. Jadi sebelum mereka mendarat maka akan ada pemeriksaan semuanya secara menyeluruh," ujar Risma di Rumah Dinas, Senin (2/3/2020).

Risma mengatakan pihaknya sudah menyiapkan peralatan-peralatan di pelabuhan. Hal ini untuk mengantisipasi jika ada penumpang yang terindikasi virus corona.

"Kalau misalkan ada indikasi, maka (penumpang) langsung turun. Tapi kalau nggak ada apa-apa ya ndak papa. Karena sebetulnya itu masa inkubasinya 14 hari kan kita thread, ini sudah di-thread oleh staf kita. Jadi ada kejadian apa misalkan di tempat ini. Seperti itu," jelasnya.

Pemkot Surabaya juga sudah membentuk satgas kesehatan sejak Risma mengeluarkan surat edaran ke warga. Tak hanya satgas, seluruh Rumah Sakit yang ada di Surabaya juga disiapkan menangani jika sewaktu-waktu dibutukan.

"Kami ada timnya, kami sudah punya ada lama semenjak saya buat edaran ke warga, kami udah bikin itu. Jadi nggak hanya RS milik pemerintah tapi seluruhnya yang ada di Surabaya," ujarnya.

Humas Pelindo III Regional Jatim Wilis Aji mengatakan rencana kedatangan Kapal Pesiar Viking Sun belum ada informasi pembatalan. Namun, pihaknya tetap berkoordinasi dengan pihak terkait termasuk Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya untuk pemeriksaannya.

"Belum ada rencana pembatalan. Kami akan mempersiapkan keperluan di pelabuhan," pungkasnya.

Simak Video "2 WNI Positif Corona, Netizen: Stay Safe Everyone"

[Gambas:Video 20detik]

(iwd/iwd)