Wow, Pengunjung Ranu Manduro Membludak Meski Ditutup

Enggran Eko Budianto - detikNews
Minggu, 01 Mar 2020 16:30 WIB
Penutupan padang rumput Ranu Manduro oleh pemilik lahan tak menghalangi pengunjung untuk berdatangan. Wisata alam dadakan bekas tambang galian C ini justru diserbu ribuan pengunjung hari ini.
Pengunjung Ranu Manduro membeludak/Foto: Istimewa

Eka mengaku tidak mampu berbuat banyak untuk menghentikan kunjungan wisatawan maupun melarang warganya mengelola Ranu Manduro. Sementara upayanya mengajukan izin ke PT Wira Bumi tidak membuahkan hasil.

"Butuh waktu untuk sosialisasi ke warga. Kalau dipaksakan khawatir kami akan terjadi gesekan," terangnya.

Ranu Manduro ramai dikunjungi wisatawan sejak viral sepekan yang laku. Jumlah wisatawan yang datang mencapai seribu lebih setiap harinya.


Lahan bekas tambang ini mempunyai panorama padang rumput dan bebatuan yang indah dengan latar belakang Gunung Penanggungan. Di dalamnya juga terdapat telaga bekas galian C yang membuatnya semakin eksotis.

Ramainya pengunjung mendatangkan berkah bagi warga setempat. Ada yang menjadi tukang parkir, menjual makanan dan minuman hingga menyewakan sepeda motor.

Untuk masuk ke wisata ini, pengunjung hanya diminta membayar ongkos parkir. Tarifnya cukup terjangkau, yaitu Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Selain untuk mengupahi juru parkir, dana dari parkir akan dipakai warga untuk memperbaiki jalan menuju ke Ranu Manduro.

Halaman

(sun/bdh)