Ini Penyebab Perahu Terbalik di Sungai Brantas hingga 4 Orang Hilang

Enggran Eko Budianto - detikNews
Minggu, 01 Mar 2020 10:13 WIB
Sebuah perahu kayu yang digunakan untuk transportasi menyeberangi Sungai Brantas terbalik di Jombang. Kecelakaan ini mengakibatkan tiga penumpang dan satu awak perahu yang tenggelam sampai pagi ini belum ditemukan.
Lokasi perahu terbalik di Jombang/Foto: Enggran Eko Budianto
Jombang -

Sebuah perahu penyeberangan berisi seorang awak dan 5 penumpang terbalik di Sungai Brantas, Jombang. Perahu ini terseret arus hingga terbalik karena mesinnya tiba-tiba mati.

Kecelakaan ini terjadi di Sungai Brantas Dusun Klaci, Desa Brodot, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang, Sabtu (29/2) sekitar pukul 21.30 WIB. Perahu kayu dengan mesin disel itu dikemudikan Surip (45), warga Dusun Klaci.


Keluarga salah seorang penumpang, Mustam (51) mengatakan, semula perahu menyeberangi Sungai Brantas dari Desa Ngerombot, Kecamatan Patianrowo, Nganjuk menuju ke Dusun Klaci. Atau dari barat ke timur. Sampai di tengah Sungai Brantas, mesin perahu tiba-tiba mati.

"Kipas mesin perahu kena sampah. Sampahnya tidak bisa diambil, akhirnya mesinnya mati," kata Mustam kepada wartawan di lokasi kecelakaan, Minggu (1/3/2020).


Komandan Tim Basarnas Surabaya Nofik Hariadi membenarkan peristiwa itu. "Jumlah korban 6 orang, 2 selamat, 4 lainnya dalam pencarian," tegasnya.

Saat ini Basarnas masih melakukan pencarian terhadap para korban tenggelam. Upaya pencarian sementara ini menggunakan perahu karet.

(sun/bdh)