Meski Indonesia Bebas Corona, Menkes Ajak Warga Hargai Kebijakan Arab Saudi

Muhammad Aminudin - detikNews
Jumat, 28 Feb 2020 20:43 WIB
Menkes Terawan Agus Putranto memastikan kondisi jemaah umroh asal Indonesia sehat. Ia mengajak masyarakat menghargai kebijakan Arab Saudi yang menyetop umroh.
Menkes Terawan Agus Putranto/Foto: Muhammad Aminudin
Malang -

Menkes Terawan Agus Putranto memastikan kondisi jemaah umroh asal Indonesia sehat. Ia mengajak masyarakat menghargai kebijakan Arab Saudi yang menyetop umroh.

"Jemaah umroh sehat, sampai saat ini kan sehat. Tetapi kalau urusan kebijakan kita harus hargai jangan membuat benturan antarpemerintah," kata Terawan menjawab pertanyaan awak media di Universitas Brawijaya, Jalan Veteran, Kota Malang, Jumat (29/2/2020) sore.

Dia menambahkan, ada persiapan yang tak kalah besar skalanya dibandingkan jemaah umroh. Yaitu para jemaah haji yang nantinya juga akan melaksanakan ibadah di Mekkah, Arab Saudi.

"Karena habis itu, kita disiapkan juga untuk jemaah haji yang begitu besar dan penyiapannya harus dari sekarang," imbuhnya.


Menurut dia, pelarangan jemaah umroh merupakan kebijakan pemerintah Arab Saudi dan Indonesia harus menghormati keputusan itu.

"Itu adalah kebijakan pemerintah sana (Arab Saudi), kita harus menghormati apapun keputusannya. Yang paling kita harus buktikan bahwa negara kita ini sehat dan semua baik. Sampai detik ini kita bersyukur," tuturnya.

Meski begitu, Terawan tak menjamin besok dan lusa kondisinya akan sama. "Ya besok dan lusa kita doa terus, kalau ngomong resah terus ya, gak ada orang percaya di dunia nanti. Jadi nomor satu harus dimulai dengan kekuatan kita sendiri dalam menggalang dengan apa? Dengan berbuat apa yang ada. Tidak menggada-ada, kalau memang benar kita katakan benar, salah kita katakan salah," tegasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2