Pemkot Madiun Kurangi Pengangguran dengan Ciptakan Pengusaha Milenial

Sugeng Harianto - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 14:11 WIB
Sebanyak 500 milenial Kota Madiun disiapkan untuk menjadi pengusaha baru. Mereka mendapatkan beragam keterampilan melalui Dinas Tenaga Kerja Kota Madiun.
Foto: Sugeng Harianto
Madiun -

Sebanyak 500 milenial Kota Madiun disiapkan untuk menjadi pengusaha baru. Mereka mendapatkan beragam keterampilan melalui Dinas Tenaga Kerja Kota Madiun.

Ragam keterampilan itu ada 18 jenis. Antara lain membordir, rias pengantin, keterampilan hantaran, kerajinan menyulam dan TIK (teknologi informatika dan komputer). Lalu desain grafis, internet marketing, las, spa, membuat aneka masakan, membuat animasi, perhotelan dan lainnya.

"Total sudah ada sekitar 500-an peserta yang kita berikan pelatihan selama tahun 2020 ini. Kita bagi dalam beberapa kekas," ujar Wali Kota Madiun Maidi kepada detikcom, Kamis (27/2/2020).

Kelas yang dibuat dalam pelatihan itu, kata Maidi, dibagi dalam 25 kelas, dengan kapasitas setiap kelas 20 orang. Kegiatan pemberian keterampilan ini, lanjut Maidi, juga bertujuan untuk menumbuhkan ekonomi kreatif di masyarakat.

Pelatihan keterampilan memasak di Kota Madiun/Pelatihan keterampilan memasak di Kota Madiun/ Foto: Sugeng Harianto


"Untuk kelas dari 500 peserta itu kita bagi dalam 25 kelas. Terdiri 20 peserta setiap kelas. Yang jelas kita ingin menumbuhkan ekonomi kreatif bagi anak muda milenial di kota Madiun," kata Maidi.

Maidi menyebutkan, selain itu, pemberian pelatihan secara gratis ini juga diharapkan bisa muncul usaha-usaha baru, yang menghasilkan beragam produk. "Kita berharap bisa muncul pengusaha muda baru di kota Pecel ini," tambahnya.

Dia menjelaskan, pada tahun 2020 ini ada keterampilan baru yang dilatih bagi para milenial. Yaitu pendidikan dan pelatihan (diklat) animasi. Diklat animasi ini dibuka karena ada permintaan dari masyarakat dan menyesuaikan kebutuhan era digital.

Selanjutnya
Halaman
1 2