Boy William, Awkarin hingga Jessica Iskandar juga Terseret Kasus Carding

Hilda Meilisa - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 12:19 WIB
Jessica Iskandar
Foto: Jessica Iskandar (Desi/detikHOT)
Surabaya -

Artis Gisella Anastasia (GA) dan Tyas Mirasih (TM) akan diperiksa sebagai saksi kasus illegal access dengan membobol kartu kredit orang lain atau carding. Selain mereka, ada empat public figur lainnya yang terlibat dalam kasus ini.

"Total ada enam public figur yang terlibat, dua sudah kami panggil GA dan TM," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Kamis (27/2/2020).

Truno menyebut, empat public figur lainnya ada yang berprofesi sebagai artis dan ada juga yang menjadi selebgram.

Dari data yang dihimpun detikcom, keempat public figur yang menjadi endorser dalam kasus ini yakni Jessica Iskandar, Awkarin, Boy William, hingga Ruth Stefani.

"Inisialnya JI, A, BW, RS," imbuh Truno.

Sebelumnya, kasus ini berawal dari para public yang menerima endorse dari sebuah akun instagram yang menjual tiket pesawat hingga hotel.

"Untuk endorse itu menggandeng beberapa artis. Untuk mempromosikan, membuat testimoni. Kemudian diupload di instagram dia, di tag ke instagram tiket kekinian," tambahnya.

Tak hanya itu, Gidion menyebut para juga menerima sejumlah kompensasi dari Endorse tersebut. "Kemudian artis ini dapat kompensasi ada uang, ada tiket gratis," lanjutnya.

Sementara itu, Gidion menyebut kasus ini berawal dari akun instagram @tiketkekinian yang menjual promo tiket pesawat hingga hotel. Namun, pelaku membeli tiket tersebut dengan cara membobol kartu kredit orang lain dan mengambil untung dengan menjual kembali tiketnya.

(hil/fat)