Desa di Sidoarjo dan Bondowoso Sangat Tertinggal di Jawa Timur

Hilda Meilisa - detikNews
Selasa, 25 Feb 2020 16:00 WIB
Gubernur Khofifah
Gubernur Khofifah (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Surabaya -

Di Jawa Timur, ada dua desa yang masuk dalam kategori desa sangat tertinggal. Dua desa tersebut yakni Desa Jeruksoksok, Kecamatan Binakal, Bondowoso dan Desa Kedungbendo, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengatakan pihaknya akan melakukan beberapa upaya agar dua desa tersebut mengejar ketertinggalan.

"Nah dari posisi Jawa Timur, sekarang ini masih ada 1.207 desa tertinggal, kita berharap tahun 2020 ini zero desa tertinggalnya. Ada 2 desa sangat tertinggal, satu karena dampak Lapindo di Sidoarjo, 1 di Bondowoso," kata Khofifah saat Raker Percepatan Penyaluran dan Pengelolaan Dana Desa 2020 di JX International Surabaya, Selasa (25/2/2020).

Salah satu upayanya, Khofifah menyarankan desa yang sangat tertinggal harus bersinergi dengan desa terdekatnya.

"Desa di Bondowoso karena memang daerah ini sulit dijangkau. Maka tadi saya menyebut dari sisi keterjangkauan dia harus bisa bersinergi dengan desa desa setempat. Inilah yang memang menjadi tugas bupati. Misalnya desa ini batasnya ini desa ini batasnya inilah ya alau antar desa. Siapa yang melakukan koneksitas, maka pihak kabupaten ini harus sering turun supaya konektivitas antar desa itu dibantu dengan APBD kabupaten," pinta Khofifah

(hil/fat)