Pria Ini Bersepeda Keliling Jawa Demi Ucapkan Pesan dari Mimpi untuk Jokowi

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Jumat, 21 Feb 2020 15:04 WIB
Cipto Raharjo (53) bersepeda keliling Pulau Jawa demi bertemu Presiden Joko Widodo. Pesan apakah yang hendak ia sampaikan kepada presiden?
Pria yang bersepeda keliling Jawa untuk bertemu Presiden Jokowi/Foto: Purwo Sumodiharjo

Adegan dalam mimpi itu terus menggelayut dalam pikirannya. Hingga akhirnya bapak satu anak tersebut memutuskan memulai lagi pengembaraannya. Cipto mulai mengayuh sepeda putihnya dari Brebes menuju ujung timur Jawa, Madura dan Bali via pantura.

Usai menyelesaikan rute tersebut, Cipto kembali ke arah barat. Kali ini dia melalui jalur selatan. Usai melewati Trenggalek, tujuan berikutnya yakni Ponorogo dan Pacitan. Selanjutnya menuju Yogyakarta terus ke barat hingga Merak, Banten dan kembali ke Jakarta.


Meski harus menempuh jarak ribuan kilometer, Cipto mengaku tak patah arang. Dia pun tak mematok waktu tertentu untuk tiba di Jakarta. Apalagi kondisi cuaca belakangan kurang bersahabat. Jika turun hujan Cipto memilih berteduh.

Tantangan jarak serta kondisi medan ternyata tak menyurutkan tekat Cipto. Setibanya di Jakarta kelak, dirinya tetap ingin menghadap Jokowi. Tujuannya untuk menyampaikan pesan seperti yang dialaminya di dunia mimpi.

"Ya namanya amanah atau pesan kan harus saya sampaikan. Mudah-mudahan nanti bisa ketemu Bapak Presiden ya," pungkasnya sebelum melanjutkan perjalanan.

Halaman

(sun/bdh)