Putra Mantan Bupati Mojokerto dapat Lawan Berat di Pilbup 2020

Enggran Eko Budianto - detikNews
Senin, 17 Feb 2020 20:43 WIB
pilkada mojokerto
Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto -

Putra mantan Bupati Mojokerto Machmoed Zain, Ayub Daniel Aqso tidak mau ketinggalan dalam kontestasi Pilbup 2020. Dia menyatakan diri siap bertarung melawan sejumlah bakal calon kuat yang lebih dulu muncul ke publik. Salah satunya istri mantan Bupati Mustofa Kamal Pasa, Ikfina Fahmawati dan petahana Pungkasiadi.

Daniel merupakan anak kedua dari tiga bersaudara mantan Bupati Mojokerto Machmoed Zain. Ayahnya yang merupakan kader Partai Golkar menjabat Bupati dua periode, yaitu 1990-2000. Saat ini dia menggeluti bisnis konstruksi serta pengadaan barang dan jasa.

Selain itu, Daniel juga menjadi Pembina Yayasan Bakri Adnan Zain yang menaungi Universitas Islam Majapahit (Unim) di Jabon, Mojokerto. Dia juga sempat menjadi PNS 1998-2018. Jabatan terakhirnya sebagai Kasi Pemuda di Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Mojokerto.

"Banyak tokoh masyarakat menghadap ayah saya. Sehingga membuat ayah saya prihatin dengan kondisi akhir-akhir ini. Akhirnya kemarin rapat keluarga supaya ada yang maju dari keluarga Machmoed Zain. Saya yang didorong maju di Pilbup 2020. Karena amanah, maka saya laksanakan sebaik mungkin," kata Daniel kepada wartawan di sebuah rumah makan di Jalan Bypass Mojokerto, Senin (17/2/2020).

Daniel merupakan bakal calon bupati (bacabup) keempat yang muncul ke publik. Dia menyatakan diri siap bertarung melawan tiga lawan berat di Pilbup 2020 nanti. Yaitu Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Mojokerto Yoko Priono, Bupati Mojokerto Pungkasiadi dan istri mantan Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa, Ikfina Fahmawati.

Keempat bacabup mulai berebut rekomendasi dari partai politik. Sejauh ini Yoko yang berpasangan dengan mantan Wakil Bupati Mojokerto Choirun Nisa mengikuti penjaringan di PPP, Hanura, Gerindra dan Golkar. Pungkasiadi mengicar rekomendasi PDIP, PPP, Gerindra, NasDem dan PKB.

Sedangkan Ikfina yang berpasangan dengan putra pertama Pengasuh Ponpes Amanatul Ummah KH Asep Syaifuddin Chalim, Muhammad Al Barra mengincar rekomendasi dari PPP, Hanura dan PKB.

"Soal kompetisi kami lakukan secara sehat, tidak perlu gentar. Bagaimana mendapat rekom partai, bisa bertarung dan menjadi pemenang. Semoga kami mendapatkan mandat dari masyarakat," ujarnya.

Sadar bakal menghadapi lawan berat, Daniel mengaku menyiapkan sejumlah amunisi. Mulai dari finansial, basis massa ayahnya, hingga rekomendasi partai. Saat ini lobi-lobi ke pengurus partai di tingkat pusat dia lakukan melalui tim khusus. Mulai dari PKB, Golkar, PKS, Demokrat, Gerindra, Hanura, NasDem, hingga PBB.

"Ada beberapa tokoh partai di Jakarta yang sudah kami rangkul. Tinggal nanti kami mapping (memetakan) dan berdasarkan hasil survei mana partai yang solid dan kompak sebagai partai pengusung. Karena partai koalisi tidak perlu banyak, asal cukup dan solid," terangnya.

Sejalan dengan itu, dia juga mengikuti penjaringan bacabup di tingkat daerah. Yaitu di PPP, Gerindra, Golkar dan Hanura. Bahkan Daniel telah bertemu secara khusus dengan 26 orang jajaran pengurus DPC Partai Golkar Kabupaten Mojokerto, Sabtu (15/2). Sementara penjaringan di PKB akan dia ikuti besok.

"Paling tidak kami berharap dapat 2-3 partai yang penting solid," terangnya.

Daniel mengaku mempunyai visi tersendiri jika mendapat kesempatan maju dan menang di Pilbup 2020. Yaitu mewujudkan Kabupaten Mojokerto yang maju, dinamis dan berdikari dengan dukungan pelayanan prima, SDM berkualitas, good governance dan clean government.

"Pesan bapak saya supaya memberi yang terbaik untuk masyarakat Mojokerto, selalu berhati-hati supaya tidak ada masalah hukum, menganggap masyarakat sebagai keluarga, selalu mangayomi masyarakat dan membawa Mojokerto menjadi daerah yang maju," tandasnya.

Simak Video "KPK Sita Sejumlah Aset Tanah Milik Bupati Mojokerto Nonaktif"

[Gambas:Video 20detik]

(iwd/iwd)