Warga Ponorogo Kebanjiran Gegara Sungai Tersumbat

Charolin Pebrianti - detikNews
Jumat, 14 Feb 2020 22:30 WIB
Warga Dukuh Ngambakan, Desa Bangunsari, Kecamatan Sukorejo panik. Banjir melanda hingga setinggi 50 cm.
Rumah yang tergenang luapan sungai/Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo -

Warga Dukuh Ngambakan, Desa Bangunsari, Kecamatan Sukorejo panik. Banjir melanda hingga setinggi 50 cm.

"Hujannya dari pukul 15.30 WIB, baru pukul 18.00 WIB air datang," tutur salah seorang warga setempat, Umar (50) kepada detikcom, Jumat (14/2/2020).

Umar menambahkan, beberapa pengendara sepeda motor yang nekat melintas sempat mogok hingga akhirnya dibantu warga ke tempat yang lebih aman. "Ada beberapa pengendara yang mesin motornya mati karena nekat menerjang banjir," imbuh Umar.


Menurutnya, banjir ini merupakan paling parah sejak 10 tahun terakhir. Umar menegaskan, penyebab banjir yakni ranting bambu yang menyumbat aliran sungai.

"Sungainya tersumbat ranting bambu, ini paling parah banjirnya," imbuh Umar.


Pantauan detikcom, sejumlah petugas baik dari polisi maupun BPBD Ponorogo tampak berjaga di lokasi, sembari mengatur lalu lintas. Dikhawatirkan ada pengendara yang terjebak dalam banjir.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo Setyo Budiono mengimbau para pengendara tidak melintas di kawasan ini. "Warga yang ingin ke arah Sampung dan Lembeyan Magetan diimbau tidak melintasi area ini. Karena air masih cukup tinggi dan belum bisa dipastikan kapan surut," pungkasnya.

(sun/bdh)