Kurir Ini Simpan Sabu di Surabaya dan Bangkalan, Total 25 Kg

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Jumat, 14 Feb 2020 17:25 WIB
Penggerebekan narkoba di bangkalan
Penggeledahan rumah Aconk di Bangkalan/Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya -

Aconk merupakan seorang kurir narkoba asal Madura yang tertangkap pagi tadi. Di kosnya di Surabaya, ia menyimpan 12 kg sabu. Sedangkan di rumahnya di Bangkalan, ia menimbun 13 kg sabu.

Dalam penangkapan Aconk, polisi mengamankan 12 kg sabu dan 10 ribu ekstasi di daerah Jambangan, Surabaya. Tak sampai di situ, polisi akhirnya menggeledah rumahnya yang ada di Desa Jambu, Kecamatan Burneh, Bangkalan, Madura.

Penggeledahan rumah itu dilakukan sekitar pukul 14.OO WIB dan hanya berlangsung sekitar 10 menit. Meski begitu, penggeledahan yang dilakukan Satresnarkoba Polrestabes Surabaya membuahkan hasil yang mencengangkan. Di rumahnya, ternyata Aconk menyimpan 13 kg sabu. Penggeledahan itu juga dibantu polisi Bangkalan yang dipimpin Kasat Resnarkoba Polres Bangkalan, AKP Soekris Trihartono.


Belasan kg sabu itu ditaruh dalam tiga tas besar. Dalam tas itu juga ditemukan sabu yang dikemas dalam bungkus tes bertuliskan China. Kemasan itu berwarna hijau dan kuning.

"Ini pengembangan tangkapan yang subuh tadi. Dia merupakan jaringan Malaysia-Madura," kata Kasat Narkoba Polrestabes Surabaya, AKBP Memo Ardian, Jumat (14/2/2020).


Polisi kemudian kembali ke kos pelaku di Surabaya. Di sana petugas menemukan puluhan kemasan kopi berisi inex. Petugas juga menemukan alat press plastik dan bukti-bukti transfer uang.

"Saat ini kami mengembangkan ke siapa yang menggerakkan pelaku. Pelaku sudah beroperasi di Surabaya sekitar 3 bulan," pungkasnya.

(sun/bdh)