Sosok Seperti Risma Masih Dibutuhkan Warga Surabaya

Faiq Azmi - detikNews
Jumat, 14 Feb 2020 16:35 WIB
Sebuah pusat riset Pilkada menggelar survei menjelang Pilwali Surabaya 2020. Hasilnya, warga Surabaya mendambakan pemimpin yang jujur.
Pemaparan hasil survei jelang Pilwali Surabaya 2020/Foto: Faiq Azmi
Surabaya -

Sebuah pusat riset Pilkada menggelar survei menjelang Pilwali Surabaya 2020. Hasilnya, warga Surabaya mendambakan pemimpin yang jujur.

Hasil tersebut terbilang menarik karena ketokohan dan parpol sudah tak lagi menjadi tolak ukur. Warga lebih menyoroti soal kriteria sang penerus Wali Kota Tri Rismaharini.

"Sekarang ketokohan, dari parpol mana tidak menjadi tolak ukur tertinggi. Kriteria jujur menjadi poin tertinggi yang diinginkan masyarakat Surabaya kepada pemimpin selanjutnya," kata Machmud Suhermono, Kepala Pusat Riset Pilkada JTV di Surabaya, Jumat (14/2/2020).


Machmud menjelaskan, keinginan masyarakat terhadap pemimpin yang jujur, bukan berarti pemimpin sebelumnya tidak jujur. Tetapi, masyarakat ingin pemimpin selanjutnya mempertahankan apa yang sudah dilakukan saat ini.

"Selain jujur, masyarakat juga ingin pemimpin punya kapabilitas yang mumpuni. Pemimpin mampu mengatasi masalah ekonomi juga menjadi idaman warga Surabaya," jelasnya.

Terkait gender dan agama, lanjut Machmud, masyarakat tidak terlalu memusingkan hal tersebut. Terbukti dari hasil survei, dua hal itu masuk ke dalam kategori tidak penting.

Simak Video "PSSI Bangga akan Keseriusan Surabaya Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20"

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2