Sugeng yang Bunuh dan Mutilasi Korbannya Dituntut Penjara Seumur Hidup

Muhammad Aminudin - detikNews
Kamis, 13 Feb 2020 14:10 WIB
Jaksa menuntut Sugeng Santoso dengan penjara seumur hidup. Ia merupakan terdakwa kasus pembunuhan dan mutilasi di Malang.
Sugeng Santoso (kanan)/Foto: Muhammad Aminudin
Malang -

Jaksa menuntut Sugeng Santoso dengan penjara seumur hidup. Ia merupakan terdakwa kasus pembunuhan dan mutilasi di Malang.

Tuntutan berdasarkan bukti kuat jika Sugeng telah melakukan pembunuhan berencana. Kuasa hukum Sugeng tak sepakat dengan tuntutan yang diberikan.

Persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Kota Malang dipimpin Ketua Majelis Hakim Dina Pelita Asmara. Sugeng dinilai nekat melakukan aksi sadisnya karena kesal saat gagal bercinta dengan korban.


Dari fakta-fakta di persidangan, terlihat pola kerja sistematis yang dilakukan oleh terdakwa. Karena itu, tidak ada faktor yang meringankan bagi terdakwa. Jaksa juga menyampaikan faktor yang memberatkan Sugeng. Yakni selalu berbelit-belit di persidangan, dan pernah dihukum pidana akibat penganiayaan pada 1992.

"Terdakwa (Sugeng) dituntut hukuman seumur hidup, karena terbukti telah melakukan pembunuhan. Dan yang memberatkan adalah terdakwa selalu berbelit-belit selama persidangan dan tidak kooperatif selama memberikan keterangan," ujar Kajari Kota Malang Andi Dharmawangsa kepada wartawan, Kamis (13/2/2020).

Menurutnya, perbuatan yang dilakukan terdakwa tergolong sadis. "Berdasarkan keyakinan JPU, terdakwa telah melakukan tindak pidana pembunuhan berencana dan meminta majelis hakim memberikan hukuman sesuai dengan perbuatannya," tegas Andi.

Selanjutnya
Halaman
1 2