Dinkes Jatim Sebut Pengobatan Ningsih Tinampi Tak Berkaitan dengan Medis

Muhajir Arifin - detikNews
Senin, 10 Feb 2020 07:20 WIB
Tempat pengobatan Ningsih Tinampi dikunjungi petugas lintas instansi dari Pemprov Jatim dan Pemkab Pasuruan. Di depan belasan petugas, Ningsih pun beraksi.
Ningsih Tinampi saat mengobati pasien (Foto file: Muhajir Arifin/detikcom)
Pasuruan -

Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim memantau tempat pengobatan Ningsih Tinampi di Desa Karangjati, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Usai memantau dinkes mendapat sejumlah catatan.

Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Jatim, Dian Islami mengatakan kedatangannya merupakan rangkaian pembinaan, pengawasan dan pengendalian terhadap viralnya pengobatan Ningsih Tinampi.

"Tugas kami ke sini adalah menggali bagaimana metode pengobatan, kondisi lapangan, pasien-pasiennya. Setelah ini, kami akan rapat lagi untuk menyimpulkan hasil kunjungan hari ini dan beberapa analisa kami," kata Dian saat dikonfirmasi, Senin (10/2/2020).

Berdasarkan pengalaman sementara, Dian menyebut apa yang dilakukan Ningsih Tinampi ini bukan atau tidak berkaitan dengan medis. Sehingga Ningsih Tinampi tidak melanggar rambu-rambu dalam dunia medis.

"Kalau saya melihat ini tidak berkaitan dengan medis. Apa yang dilakukan Ningsih ini pengobatan aliran kepercayaan secara kultur tidak berkaitan dengan regulasi yang ada dinkes," ungkapnya.

Tempatnya Disidak Jaksa-Polisi, Ningsih Tinampi: Kalau Bisa Sering:

Selanjutnya
Halaman
1 2