RSUD Iskak Tulungagung Isolasi Satu Pasien yang Baru Pulang dari Korea

Adhar Muttaqin - detikNews
Sabtu, 08 Feb 2020 20:31 WIB
pasien diduga corona di tulungagung
RSUD Tulungagung isolasi Pasien diduga terpapar Corona (Foto: Istimewa)

Sementara dokter yang menangani pasien, dr Mohammad Arfi mengatakan untuk memastikan status pasien tersebut membutuhkan waktu hingga beberapa hari ke depan. Sesuai dengan standar Kementerian Kesehatan terdapat dua kriteria untuk virus corona yaitu orang dalam pantauan dan pasien dalam pengawasan.

"Kalau pasien dalam pengawasan mereka yang sudah ada nyeri ada gejala-gejala flu like syndrome ada lebih dari 38 derajat, sudah ada gejala-gejala, tanda-tanda pneumonia dan juga ada riwayat ke negara China Wukan atau negara-negara yang sudah terpapar dengan virus Corona," kata Arfi.

Sedangkan dari hasil pemeriksaan sementara pasien yang diisolasi tersebut kini mulai membaik. Riwayat panas yang sempat terjadi saat ini telah turun, selain itu hasil rontgen juga tidak menunjukkan adanya pneumonia.

"Pasien tidak sesak, stabil, hasil lab normal, foto rontgen juga normal semua. Saat ini pasien kami bantu cairan infus sama simptomatis," kata Arfi.

Pihaknya menduga pasien asal Kediri itu hanya menderita radang tenggorokan, namun untuk kepastiannya, tim dokter masih menunggu hasil pemeriksaan swap tenggorok dari Jakarta.

Di sisi lain Direktur RSUD dr Iskak, Supriyanto meminta masyarakat tidak khawatir dan tetap menjalankan aktivitas seperti biasa. Masyarakat Tulungagung dan sekitarnya juga tidak perlu takut saat ada petugas medis yang memakai pakaian mirip astronot.

"Jangan panik, karena mungkin tadi lihat karyawan rumah sakit pakai baju kaya astronot. Karena SOP kami begitu. Biasa saja, yang penting adalah menjaga hidup sehat, masuk rumah harus cuci tangan dengan sabun," imbau Supriyanto.


(fat/fat)