Makam Gus Sholah Ramai Dikunjungi Peziarah

Enggran Eko Budianto - detikNews
Selasa, 04 Feb 2020 20:28 WIB
makam gus sholah ramai dikunjungi peziarah
Peziarah yang datang ke makam Gus Sholah (Enggran Eko Budianto/detikcom)
Jombang -

Makam pengasuh Ponpes Tebuireng, Jombang, KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah, mulai ramai dikunjungi peziarah. Para peziarah datang dari kalangan masyarakat umum, orang tua santri, hingga pengasuh pesantren.

Gus Sholah dimakamkan tepat di sebelah utara makam ayahnya, KH Wahid Hasyim. Pemakaman keluarga pengasuh Ponpes Tebuireng ini terletak di belakang masjid pesantren. Akses ke makam keluarga Gus Dur ini sempat dibatasi pada Senin (3/2).

Sehari setelah Gus Sholah dimakamkan, akses bagi peziarah kembali dibuka. Bahkan para tamu bisa masuk melalui pintu depan Ponpes Tebuireng. Padahal selama ini pintu masuk dari arah kediaman Gus Sholah ke area makam itu sering kali ditutup.

Pantauan di lokasi, para peziarah banyak berdoa di dalam area makam. Ada juga yang memilih berdoa di pendapa sebelah timur makam keluarga Gus Dur. Mereka datang dari berbagai daerah di Jatim hingga Jabar.

Salah seorang peziarah dari Kota Batu, Wibowo (50), mengaku sengaja datang bersama rombongan untuk berziarah ke makam Gus Sholah.

"Kami ingin mendoakan yang terbaik untuk Gus Sholah. Karena beliau juga sebagai pahlawan. Semoga arwah beliau diterima di sisi Allah SWT," kata Wibowo kepada wartawan di lokasi, Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Jombang, Selasa (4/2/2020).

Berziarah ke makam Gus Sholah juga dilakukan orang tua santri Ponpes Tebuireng. Mereka menyempatkan diri berziarah setelah membesuk anak mereka di pondok yang didirikan KH Hasyim Asy'ari itu.

Selanjutnya
Halaman
1 2