Pesawat Latih TNI AL Mendarat Darurat di Kawasan Tambak Sidoarjo

Suparno - detikNews
Senin, 03 Feb 2020 21:11 WIB
Sebuah pesawat latih jenis Tobago T 2405 melakukan pendaratn darurat di kawasan tambak Sidoarjo. Tepatnya di Dusun Ketingan, Kelurahan Gebang, Kecamatan Kota Sidoarjo.
Perahu yang digunakan menuju lokasi pesawat mendarat darurat//Foto: Suparno
Sidoarjo -

Pesawat latih jenis Tobago T 2405 melakukan pendaratan darurat di kawasan tambak Sidoarjo. Tepatnya di Dusun Ketingan, Kelurahan Gebang, Kecamatan Kota Sidoarjo.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pesawat latih itu mendarat darurat sekitar pukul 13.10 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Komandan Puspenerban Laksamana Muda TNI Edwin membenarkan peristiwa pendaratan darurat pesawat Tobago T 2405. "Dua kru pesawat dalam kondisi selamat. Kejadiannya sekitar pukul 13.10 WIB," kata Edwin kepada wartawan di Desa Kedung Peluk, Kecamatan Candi, Sidoarjo, Senin (3/2/2020).


Edwin menambahkan, saat ini pihaknya sedang melakukan evakuasi dan investigasi kondisi pesawat. Kalau tidak ada halangan, kemungkinan sampai besuk evakuasi sudah selesai.

"Untuk dua kru sudah dibawa ke pangkalan dan keduanya tidak mengalami luka apapun," tambah Edwin.


Lebih lanjut Edwin menjelaskan, penyebab terjadinya pendaratan darurat belum diketahui. Pesawat latih tersebut sedang melakukan latihan di wilayah Bangil-Pasuruan.

"Menurut keterangan dari instrukturnya bahwa pesawat tersebut akan masuk wilayah Banggil. Karena ada kelainan mesin, akhirnya rencana akan kembali ke pangkalan, ternyata mendarat darurat di areal tambak," pungkas Edwin.

(sun/bdh)