Kronologi Pembunuhan Rosidah yang Mayatnya Dibakar hingga Gosong

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 30 Jan 2020 07:31 WIB
Polisi menangkap Ali Heri Sanjaya (27). Ia merupakan pembunuh Rosidah, wanita yang mayatnya ditemukan gosong terbakar.
Ali Heri Sanjaya (28), pembunuh Rosidah/Foto file: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Pembunuh dan pembakar Rosidah telah tertangkap. Pelaku merupakan seorang pramusaji di sebuah warung yang tak lain rekan kerja korban.

Dia Ali Heri Sanjaya (28) warga Lingkungan Brak, Kelurahan Kalipuro, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi. Ia telah menghabisi nyawa Rosidah (17), warga Lingkungan Papring, Kelurahan/Kecamatan Kalipuro. Ia memukul dan mencekik Rosidah. Kemudian mayatnya dibakar di ladang kelapa di Dusun Kedawung, Desa Pondoknongko, Kecamatan Kabat, Banyuwangi.

Korban sebelumnya sering mengolok-ngolok pelaku. Pelaku yang bekerja 3 bulan itu merasa sakit hati diejek anak yang usianya lebih muda dan baru saja masuk selama 3 minggu. Akhirnya, dirinya merencanakan pembunuhan itu.


Jumat (24/1) pukul 17.00 WIB, pelaku meminta untuk diantarkan ke rumahnya. Tapi, saat itu pelaku malah mengajak korban pergi ke Kecamatan Rogojampi. Keduanya berboncengan dengan menggunakan motor Honda BeAt milik korban. Awalnya pelaku yang membonceng korban. Namun setelah dekat dengan TKP, pelaku meminta korban yang membonceng.

Tiba di lokasi kejadian sekitar pukul 18.00 WIB. Saat itu pelaku turun terlebih dahulu dari sepeda motor. Saat akan turun korban langsung dipukul di bagian leher. Korban pun tersungkur. Untuk memastikan korban meninggal dunia, pelaku mencekik leher korban.

Satu jam berselang, pelaku ingin menghilangkan jejak, pelaku kemudian menyiramkan bensin yang sudah ia beli ke tubuh korban. Korban dibakar dengan potongan bambu yang di tumpuk secara berlapis pada tubuh korban (mirip ngaben).

TKP pembakaran berjarak sekitar 300 meter dari tempat pembunuhan. Pelaku menggendong korban melewati jalan setapak dan semak-semak, untuk kemudian dibakar di bawah pohon kelapa di sekitar lahan tanaman warga.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2