Banyak Jalan Bergelombang dan Berlubang di Jalur Nasional Gresik-Lamongan

Eko Sudjarwo - detikNews
Senin, 27 Jan 2020 12:24 WIB
Jalan Nasional di Lamongan Bergelombang dan Berlubang (Foto: Eko Sudjarwo/detikcom)
Lamongan -

Bagi yang melintas jalan nasional Lamongan-Gresik, ada baiknya meningkatkan kewaspadaan. Sebab, banyak jalan berlubang dan bergelombang di sepanjang jalur poros nasional ini.

Salah satu jalur poros nasional yang mengalami kerusakan cukup parah adalah jalan poros nasional di Desa Sukorejo, Kecamatan Turi, tepatnya selepas Jembatan Kruwul. Hingga saat ini, sebagian jalan di tempat masih bergelombang sehingga sangat rawan bagi pengendara kendaraan. Kerusakan yang cukup parah terjadi di arah jalan dari Lamongan menuju Babat.

"Jalan yang ada di tempat ini sebagian sisi kanan mengalami kerusakan dan bergelombang hingga rawan bagi pengendara sepeda motor yang melintas," kata Kanit Laka Lantas Polres Lamongan Iptu Sudibyo kepada wartawan di lokasi, Senin (27/1/2020).

Dia menambahkan kondisi ini sangat rawan bagi pengguna jalan. Apalagi undukan dan gelombang jalan tersebut tak terlihat saat siang maupun malam hari. "Undukan tersebut Tampak seperti jalan pada umumnya yang mengalami kerusakan. Sehingga tentunya sangat rawan bagi pengendara roda dua pada saat kecepatan tinggi," jelasnya.

Pihaknya mencatat setidaknya sudah 2 kali kejadian pengguna jalan terjatuh akibat jalan berlubang tiap hari. Kemungkinan, lanjut Dibyo, kejadian semacam ini masih banyak namun tak ada yang melaporkan.

"Kalaupun sampai terjadi adanya laka lantas pengendara roda dua yang terjatuh disebabkan adanya jalan yang rusak pastinya akan dilakukan pemanggilan.

Sementara Kanit Dikyasa Satlantas Polres Lamongan Iptu Fatkhur menambahkan, titik lain yang jalannya mengalami kerusakan di jalur Kecamatan Deket. Di jalur ini, jalan banyak yang berlubang dan membahayakan pengguna jalan. Sebagian jalan, sudah dilakukan perbaikan. Namun masih banyak jalan berlubang lainnya.

"Kami juga sudah mengirimkan pemberitahuan ke dinas terkait," ungkapnya.

(fat/fat)