Cerita Risma Beri Makanan ke Petugas Rumah Pompa dengan Perahu Nelayan

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 15:27 WIB
Rumah pompa di Gunungsari (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya -

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini melakukan berbagai upaya untuk menjaga Kota Surabaya bebas banjir. Risma percaya di balik upaya itu ada orang-orang hebat di belakangnya.

Yang dimaksud Risma adalah para petugas lapangan yang berjibaku langsung dengan hujan, sampah, dan banjir. Karena itu Risma sangat mengapresiasi dan menghargai kinerja mereka. Salah satunya adalah petugas rumah pompa.

Agar kondisi petugas rumah pompa yang berjaga 24 jam tetap dalam kondisi prima, Risma diam-diam mendatangi para petugas dan memberikan makanan. Itu sudah dilakukan Risma sejak dulu awal menjabat hingga sekarang.

Risma menceritakan pengalamannya saat ia awal menjadi wali kota. Saat itu bulan September tahun 2010. Waktu itu, di kawasan Bozem Wonorejo terendam banjir.

"Itu di daerah Wonorejo Bozem sana, kawasan Mangrove, dalam kondisi banjir. Waktu itu kan kami belum punya perahu, kami belum punya alat waktu itu. Terus orang-orang (penjaga rumah pompa) makan apa. Akhirnya kami pinjam perahu nelayan, khusus untuk mengirimi makanan mereka. Kan nggak bisa masuk ke sana karena banjir," ujar Risma kepada wartawan, Jumat (24/1/2020).

Kegiatan tersebut tetap dilakukan oleh Risma hingga sekarang. Saking seringnya mengantar makanan, Risma hingga hapal nama atau setidaknya wajah para petugas rumah pompa. Salah satunya adalah Didik Purwanto yang kini menjadi operator rumah pompa di Gunungsari 2.

Risma pertama kali bertemu Didik saat di Wonorejo tersebut. Saat itu Didik memang bertugas di rumah pompa Wonorejo. Namun Didik saat itu belum mengenal sosok Risma yang baru saja menjadi Wali Kota Surabaya.

Simak Video "Video Risma Bersihkan Sampah di Saluran Air Meski Diguyur Hujan"

[Gambas:Video 20detik]