Pemkot Surabaya Ajak RT/RW Berpegang pada Perda dan Perwali

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Rabu, 22 Jan 2020 22:06 WIB
Surat edaran RW yang viral/Foto file: Amir Baihaqi

Di samping itu, sejak pembentukan RT/RW yang baru, Pemkot Surabaya telah memberikan surat edaran dan melakukan sosialisasi, terkait Perda dan Perwali yang mengatur tupoksi maupun pengelolaan sumber dana di RT/RW. Karena itu, seharusnya masing-masing RW sudah paham terkait Perda No 4 Tahun 2017.

"Kemarin itu kita keliling di 31 kecamatan, RT/RW, LPMK yang baru itu, yang periode 2020-2022, yang kita lakukan pelantikan itu. Artinya, RT/RW yang baru sudah kita kasih wawasan dan pembekalan," lanjutnya.

Kendati demikian, pihaknya mengimbau seluruh pengurus RT maupun RW, ketika menetapkan hal yang menyangkut warga, agar berkoordinasi dengan lurahnya masing-masing. Sehingga lurah juga ikut membantu memonitor.


"Sebaiknya sebelum diterapkan konsultasi dulu dengan kelurahan. Lurah nanti bisa mengawasi dan mengarahkan," imbuh Kanti

Untuk itu, ke depan Kanti memastikan akan rutin memberikan pembinaan kepada para pengurus RT/RW. Pembinaan akan rutin dilakukan ketika rapat berkala di masing-masing kelurahan dan kecamatan.

"Itu nanti kan forum untuk ketemu RT, RW dan lurah. Berarti biar disampaikan lah, disosialisasikan supaya tidak terulang lagi di wilayah yang lain," pungkas Kanti.

Halaman

(sun/bdh)