Masih Pakai Batu Petir, Begini Cara Pengobatan 'Dukun Cilik' Ponari

Enggran Eko Budianto - detikNews
Minggu, 19 Jan 2020 14:22 WIB
Foto: Facebook
Jombang - Sang 'dukun cilik' dari Jombang, Muhammad Ponari Rahmatullah atau Ponari (20) menjadi sangat terkenal setelah menemukan batu petir. Ribuan orang datang ke rumahnya awal 2009 silam agar air minum mereka dicelup batu tersebut. Cara pengobatan ini masih dipertahankan Ponari sampai sekarang.

Ponari mengaku masih melayani pasien yang datang ke rumahnya di Dusun Kedungsari, Desa Balongsari, Kecamatan Megaluh, Jombang. Rata-rata 3-5 orang meminta dia obati dalam sepekan. Saat ramai, dia bisa melayani 2-3 orang sehari.

Memang pasien yang datang ke Ponari tak seramai awal 2009 silam. Menurut dia, kebanyakan pasien yang dia tangani saat ini mengeluh sakit diabetes dan pegal linu.


Cara pengobatan yang dia gunakan tetap sama. Yaitu dengan menyelupkan batu petir ke air minum setiap pasien. Selanjutnya, pasien diminta meminum air tersebut.

"Ya pakai batu, air minum dicelupin batu," kata Ponari saat berbincang dengan detikcom melalui sambungan telepon, Minggu (19/1/2020).

Anak pertama dari Kamsin (47) dan Mukaromah (39) ini mengaku tidak pernah memasang tarif dari pengobatannya. Kendati begitu, Ponari masih mendapatkan Rp 1 juta per bulan dari mengobati pasien di rumahnya saja.
Selanjutnya
Halaman
1 2