Bus Rombongan Siswa SMAN 3 Jember Kecelakaan di Tol Sragen, Ortu Panik

Yakub Mulyono - detikNews
Kamis, 16 Jan 2020 16:16 WIB
Kepala SMAN 3 Jember Rasyid Althaf (Foto: Yakub Mulyono )
Kepala SMAN 3 Jember Rasyid Althaf (Foto: Yakub Mulyono )
Jember - Bus yang membawa rombongan siswa SMAN 3 Jember mengalami kecelakaan di jalur tol Solo-Kertosono, km 544 B, Sambungmacan, Sragen. Peristiwa itu membuat orang tua siswa di Jember panik.

"Namanya orang tua pasti panik ya. Ada yang telepon, bahkan datang ke sekolah menanyakan kondisi anaknya," kata Kepala SMAN 3 Jember Rasyid Althaf, Kamis (16/1/2020).

Para orang tua, lanjut Rasyid, kebanyakan menanyakan siapa saja yang jadi korban dan kondisinya seperti apa. Mereka ingin tahu apakah salah satu korban merupakan anak mereka.

"Mereka tanya korbannya siapa saja, kondisinya seperti apa. Rombongan bus mana yang kecelakaan. Jadi seputar itulah," kata Rasyid.


Para orang tua panik karena melihat foto kondisi bus yang mengalami kecelakaan. Apalagi sampai jatuh korban jiwa.

"Sejumlah foto yang beredar kan seperti itu, ngeri memang. Wajar jika (orang tua) panik. Apalagi jika mereka menerima informasi yang kadang simpang siur," kata Rasyid.

Pihak sekolah pun, sambung Rasyid, meminta para orang tua agar tetap tenang. Selain sopir meninggal, korban lainnya hanya mengalami luka ringan.

"Kegiatan juga terus berjalan. Memang ada perubahan jadwal, tapi program tetap jalan. Bahkan kepada orang tua juga kami tunjukkan video kegiatan mereka," ungkap Rasyid.


"Ini anak-anak kami bahkan sudah nyanyi-nyanyi. Juga kegiatan lainnya juga diikuti dengan baik," tambahnya sembari menunjukkan video kegiatan siswa.

Terkait keresahan orang tua siswa, Rasyid mengimbau untuk melakukan konfirmasi langsung ke pihak sekolah. Orangtua juga bisa menghubungi putranya masing-masing jika memang membawa ponsel.

"Kami sarankan untuk langsung konfirmasi ke sekolah. Bahkan bisa juga menghubungi Waka Humas dan Waka Kesiswaan yang ikut dalam rombongan. Bisa juga langsung menghubungi putranya, kan ada HP (ponsel) yang mereka bawa masing-masing," pungkas Rasyid. (iwd/iwd)