Dinkes Ponorogo Bagikan Ratusan Ikan Cupang Tekan Wabah Demam Berdarah

Charolin Pebrianti - detikNews
Senin, 13 Jan 2020 15:07 WIB
Pembagian ikan cupang ke warga (Foto: Charolin Pebrianti/detikcom)
Ponorogo - Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo membagikan ratusan ikan cupang di Desa Kadipaten, Kecamatan Babadan. Total ada 150 ekor yang dibagikan ke warga.

Ikan cupang dinilai efektif sebagai predator utama jentik nyamuk. Ikan ini juga bisa dimanfaatkan sebagai ikan hias karena bentuknya yang cantik.

"Ikan cupang ini bisa dipelihara di bak penampungan air, jika ada jentik yang muncul langsung dimakan sehingga keluarga aman dari gigitan nyamuk," tutur Kadinkes Ponorogo Rahayu Kusdarini kepada detikcom, Senin (13/1/2020).

Irin sapaannya menambahkan tahun 2019 lalu, Ponorogo sempat dinyatakan Kejadian Luar Biasa (KLB) Demam Berdarah Dengue (DBD). Pihaknya pun melakukan berbagai pencegahan salah satunya dengan memelihara ikan cupang ditempat penampungan air.

"Selain itu, kita juga mengajak masyarakat untuk melakukan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN)," imbuh Irin.


Sejak awal tahun 2020 lalu tercatat di Dinkes Ponorogo ditemukan belasan penderita DBD.

"Kemarin terdeteksi di Desa Cekok, Kecamatan Babadan, lanjut di wilayah Kecamatan Bungkal dan Kecamatan Mlarak," ujarnya.

Salah satu warga setempat, Dofiratul mengaku senang dengan pembagian ikan cupang ini. Mereka baru tahu jika ikan cupang ampuh membasmi jentik nyamuk.

"Senang dapat ikan, nanti mau beli lagi buat ditaruh di bak mandi," pungkas Dofi. (fat/fat)