Sarang Tawon Vespa di Probolinggo Dibakar Setelah Bikin Warga Masuk RS

M Rofiq - detikNews
Senin, 13 Jan 2020 14:00 WIB
Sarang tawon vespa dibakar (Foto: M Rofiq)
Probolinggo - Serangan tawon ndas atau Vespa Affinis kembali terjadi di Kota Probolinggo. Kali ini serangan Tawon Endas dilaporkan ada di areal Perumahan Pilang Permai, Kecamatan Kademangan.

Sarang tawon ndas berukuran kepala orang dewasa ada di sebuah pohon mangga yang lokasinya terletak di tengah-tengah pemukiman penduduk dan tepian jalan perumahan setempat.

Warga sekitar Alim Sabardi mengatakan keberadaan sarang tawon ndas baru diketahui setelah sepekan lalu ada seorang warga yang tersengat tawon tersebut. Korban bahkan sampai pingsan dan harus dibawa ke rumah sakit.


"Tahunya kami (warga), ya setelah ada seorang warga yang tersengat tawon ndas. Kami sempat bingung mau digimanain sarangnya itu, untung ada warga yang punya inisiatif melapor ke unit Damkar," terang Alim, Senin (13/1/2020).

Mendapati laporan warga, petugas pemadam kebakaran Satpol PP Kota Probolinggo langsung mendatangi lokasi sarang tawon ndas. Petugas langsung menggunakan pakaian khusus serta mengambil langkah pembakaran sarang tawon.

Teknik pembakaran dipilih agar semua tawon ndas mulai dewasa, anakan hingga masih berupa telur musnah setelah dilalap api. Sehingga tak ada lagi, sisa-sisa tawon ndas yang dapat mengancam keselamatan warga.
Upaya pemusnahan Tawon Ndas sendiri, berlangsung hingga sekitar 30 menit.


Kepala Pemadam Kebakaran Kota Probolinggo Abdullah mengimbau bagi warga yang mendapati adanya ancaman dari hewan agar secepatnya melaporkan ke petugas. Tujuannya agar segera ditangani dan menghindari jatuhnya korban.

"Jika memang ada hewan yang berbahaya, lebih baik lapor saja pada kami. Bisa menghubungi layanan bantuan 112, ataupun langsung melapor ke Kantor Damkar Kota Probolinggo," terang Abdullah. (fat/iwd)