1.000 Mangrove Sonneratia Alba Ditanam di Pesisir Selatan Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 12 Jan 2020 20:13 WIB
Aksi menanam mangrove di Banyuwangi/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Sekitar 1.000 lebih bibit mangrove jenis sonneratia alba ditanam pesisir tambak, Desa Kedunggebang, Kecamatan Tegaldlimo. Itu dilakukan untuk memperbaiki ekosistem.

Penanaman dilakukan Dinas Perikanan dan Pangan Banyuwangi bersama kelompok nelayan. Selain itu, mereka juga melibatkan pelajar, komunitas, penggiat lingkungan, karang taruna, serta Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi.

Aksi penanaman 1.000 mangrove ini merupakan bentuk kepedulian masyarakat. Yang sekaligus sebagai sarana edukasi bagi pelajar, untuk lebih peduli dan mengenal lingkungan sejak dini.

"Kami sengaja menggagas acara ini karena kami peduli. Dan kami juga ingin semua masyarakat tahu dan pentingnya tanaman mangrove bagi kita semua," ujar Agus, Ketua Kelompok Nelayan setempat, Minggu (12/1/2020).


Agus juga menjelaskan luasan lahan di pesisir tambak ikan dan udang tersebut mencapai 15 hektare. Aksi menanam mangrove itu merupakan yang pertama dilakukan di wilayahnya.

"Kegiatan tanam 1.000 mangrove ini pertama kali kami lakukan. Mudah-mudahan ini menjadi awal kepedulian kita semua," ujarnya.

Menurutnya, area tersebut mengalami kerusakan ekosistem yang cukup memprihatinkan. Hal itu membuat hasil dari tangkapan ikan para nelayan setempat mengalami penurunan.