Beringin Tua Besar di Pasuruan Tumbang Timpa Dua Rumah

Muhajir Arifin - detikNews
Jumat, 03 Jan 2020 19:51 WIB
Petugas terus berusaha menyingkirkan beringin yang tumbang (Foto: Muhajir Arifin)
Pasuruan - Sebuah pohon beringin berukuran besar di Dusun Jatisari, Desa/Kecamatan Purwodadi, tumbang terhempas angin. Beringin roboh itu menimpa dua rumah warga.

Akibat tertimpa pohon beringin yang disebut warga berusia puluhan tahun itu, dua rumah rusak berat di bagian atap. Bahkan salah satu penghuni rumah, bocah berusia 8 tahun mengalami luka di bagian wajah.

Suwandi (75), salah satu pemilik rumah yang tertimpa beringin mengatakan, peristiwa terjadi, Jumat (3/1/2020) selepas subuh. Sebelum kejadian, katanya, angin kencang melanda desa tersebut.


Beringin Tua Besar di Pasuruan Tumbang Timpa Dua RumahFoto: Muhajir Arifin

"Saat mau salat, tiba-tiba pohon ambruk," kata Suwandi, Jumat (3/1/2019).

Saat kejadian, istri dan cucunya, Mubarok (8), tidur pulas. Cucunya terluka tertimpa material rumah yang jatuh. Sementara ia dan istrinya tak menderita luka.

Meski peristiwa terjadi sejak subuh, namun evakuasi pohon roboh baru dilakukan siang hari. Petugas dari Tagana dan BPBD menggergaji bagian demi bagian pohon agar bisa dibersihkan.


Karena besarnya pohon, evakuasi belum selesai malam ini, pukul 19.30. Pangkal pohon besar masih berada di lokasi.

"Kejadian ini karena hujan dan angin. Kami minta warga berhati-hati dengan pohon besar di sekitarnya," kata Kades Purwodadi, Mulyono.


Tonton juga Pohon Jabon Timpa Rumah Warga Sukabumi, Makan Korban Luka :

[Gambas:Video 20detik]

(iwd/iwd)