Wagub Emil Sebut Evakuasi Korban Banjir Bisa Pakai Jeriken

Hilda Meilisa - detikNews
Kamis, 02 Jan 2020 16:08 WIB
Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Pemprov Jawa Timur menyiapkan beberapa upaya pencegahan hingga langkah evakuasi saat terjadi bencana banjir. Salah satunya menggunakan jeriken.

Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak mengatakan selain evakuasi dengan perahu karet, jeriken bisa dijadikan salah satu alat bantu evakuasi dalam kondisi darurat. Jerigen ini juga akan disiapkan BPBD Jatim untuk kondisi darurat.

"Kita tadi juga sudah cek ketersediaan perahu karet, kemudian juga bakal ada sedikit inovasi jeriken," kata Emil usai meninjau pos siaga bencana di kantor BPBD Jatim, Kamis (2/1/2020).

Bagaimana jerigen bisa dipakai untuk evakuasi? Emil memaparkan jeriken tersebut bisa dipegang ganggangnya dan dijadikan pelampung sementara.


"Tujuannya apa kalau darurat bisa dipegang ganggangnya yang tidak dimasuki air, jadi untuk daerah yang tidak bisa dimasuki perahu karet, itu bisa langsung segera untuk membantu orang mengapung dan evakuasi," paparnya.

"Kita Insya Allah benar-benar melakukan full kesiagaan karena kita ingin negara hadir memberikan rasa aman bagi warganya," imbuh Emil.

Sementara saat ditanya apakah pihaknya akan mengirim pasukan bantuan untuk banjir di Jakarta, Emil menyebut sejauh ini belum ada. Sedangkan dirinya masih menyiapkan pasukan untuk siaga di Jatim.

"Karena BMKG pun memberi warning pada kita dan kita juga tanyakan kepada rekan-rekan dari TNI-Polri apakah memang dibutuhkan atau jangan-jangan justru akan lebih bijak untuk kita memastikan ada ketersediaan personel di Jawa Timur mengantisipasi potensi juga terjadinya bencana di sini," pungkas Emil. (hil/fat)