Satgas Pangan Cek Pasar dan Gudang Antisipasi Penimbunan Sembako

Muhajir Arifin - detikNews
Selasa, 31 Des 2019 14:00 WIB
Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Satgas Pangan Kota Pasuruan inspeksi mendadak ke pasar tradisonal memastikan stok sembako aman dan harga stabil. Satgas juga mengecek sejumlah gudang untuk memastikan tak ada penimbunan.

Inspeksi mendadak dipimpin langsung Kapolres Pasuruan Kota AKBP Dony Alexander. Di Pasar Besar Kota Pasuruan, satgas yang terdiri dari unsur polisi dan Disperindag Kota Pasuruan dengan teliti mengecek stok dan harga sejumlah komoditas.

"Bersama Disperidag Kota Pasuruan kami lakukan pengecekan ke Pasar Besar dalam rangka mengecek stok dan harga menjelang tahun baru. Yang mana kita antisipasi adanya kenaikan yang tak layak dan mengecek ketersediaan bahan pokok dan makanan lain," kata Kapolresta di Pasar Besar Kota Pasuruan, Selasa (31/12/2019).


Setelah memantau stok dan harga, Dony memastikan secara umum bahan pokok di Kota Pasuruan aman. Ketersediaan barang normal dan tak ada kenaikan harga yang abnormal.

"Daging ayam stabil, daging sapi stabil. Ada komoditas tertentu yang menurun harga seperti telur, sebelumya Rp 24.000, sekarang Rp 23,500. Beras naik sedikit, dari Rp 10.000 sekarang Rp 10.500," terangnya.

Kenaikan harga signifikan hanya pada cabai rawit. Harga cabai rawit dari Rp 30.000 menjadi Rp 35.000. "Secara umum masih normal," imbuh kapolresta.

Pihaknya juga tak menemukan penimbunan komoditas yang merugikan konsumen. "Saya tidak menemukan penjual yang menimbun sembako," tandasnya. (fat/fat)