Kagetnya Para Sopir Bus di Tuban yang Tiba-tiba Jalani Tes Urine

Ainur Rofiq - detikNews
Senin, 30 Des 2019 12:47 WIB
Petugas gabungan saat menggelar tes urine di Terminal Kambang Putih, Tuban/Foto: Ainur Rofiq
Tuban - Sekitar 120 awak bus di jalur pantura Tuban menjalani tes urine. Kemudian ada sekitar 65 bus yang dilakukan ramp check di Terminal Kambang Putih.

Kru angkutan umum Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) merasa kaget saat memasuki terminal tersebut. Semua sopir, kernet dan kondektur diambil sampel air seninya.


"Kaget Mas, pagi-pagi ada banyak petugas di terminal. Ternyata ada pemeriksaan urine. Alhamdulillah negatif ini tadi dicek," ucap salah seorang sopir bus AKAP, Tanto, Senin (30/12/2019).

Sedikitnya ada 65 bus AKAP yang dilakukan ramp chek dan 120 awak bus yang dites urine oleh petugas gabungan. Petugas gabungan itu terdiri dari Dinas Perhubungan, Satnarkoba, Satlantas, BNK Tuban, serta Urkes Polres Tuban.


"Sengaja kita lakukan mendadak pemeriksaan urine dan ramp check, karena petugas ingin tahu kesiapan kesehatan para kru angkutan umum. Baik Bus AKAP atau AKDP dan busnya saat dekat pergantian tahun," ujar Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono.

Menurut Nanang, para pengemudi dan awak bus yang menjalani tes urine hasilnya negatif semua. Petugas berharap, saat libur Tahun Baru 2020, para pengemudi bus tidak ugal-ugalan di jalan.



Tonton juga video Tes Urine Puluhan Sopir Bus di Terminal Merak, 1 Positif Sabu:

[Gambas:Video 20detik]



Halaman

(sun/bdh)