Saat Gubernur Khofifah Salat Lalu Nobar Gerhana Matahari Cincin

Amir Baihaqi - detikNews
Kamis, 26 Des 2019 16:35 WIB
Gubernur Khofifah di tengah warga yang nobar gerhana matahari cincin/Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menunaikan salat dan menghadiri nobar gerhana matahari cincin di Masjid Al Akbar Surabaya (MAS). Ia menyebut acara itu bisa menjadi kegiatan bermanfaat.

Seperti pantauan detikcom, sebelum menonton gerhana matahari, Khofifah tampak berbaur dengan jemaah lainnya untuk melaksanakan salat gerhana di dalam masjid. Usai melaksanakan salat, ia kemudian langsung menuju halaman parkir timur masjid dan langsung mencoba teleskop dan kacamata gerhana.

"Hari ini saya rasa Masjid Al Akbar memberikan referensi bagi anak-anak yang sedang berlibur. Ada 9 teleskop oleh ahli astronomi Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU). Jadi mereka bisa menjelaskan fenomena alam yang saat ini melintasi Jatim," kata Khofifah usai nobar gerhana matahari cincin di halaman timur MAS, Kamis (26/12/2019).


Sedangkan untuk pelaksanaan salat kusf atau gerhana, meskipun tidak ada seruan atau imbauan khusus, namun ia melihat kegiatan itu hampir dilaksanakan di sejumlah masjid di Jatim. Sebab, kegiatan tersebut sudah menjadi tradisi yang mana sudah diperintahkan di dalam Alquran.

"Saya melihat beberapa masjid juga melakukan. Memang tidak ada seruan khusus tetapi tradisi untuk salat baik gerhana bulan maupun matahari ini kan sudah sering dilakukan oleh umat Islam," terang Khofifah.

Simak Video "Nobar Gerhana Matahari Cincin Sambil Ajarkan Fenomena Alam ke Anak"


Selanjutnya
Halaman
1 2