Polisi Kesulitan Periksa Bule Belanda yang Bunuh Mantan Istri

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 26 Des 2019 14:01 WIB
HT dikeler petugas (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi - Penyidikan terhadap HT (56) WN Belanda tersangka pembunuhan Nur Hofiani (42) terus dilakukan. Polisi mengalami kesulitan lantaran HT temperamental dan berubah-ubah dalam memberikan pernyataan.

Bahkan, saat diperiksa, HT sempat menantang duel penyidik yang akan memeriksa bule yang sudah lebih dari 5 tahun menetap di Banyuwangi ini.


"Sempat menantang penyidik duel satu lawan satu. Padahal kami hanya tanya dasar dari penyidikan. Belum pada penyebab kematian korban di rumah tersangka," ujar Kasat Reskrim Polresta Banyuwangi AKP M. Solikin Ferry kepada detikcom, Kamis (26/12/2019).

HT, kata Ferry, hanya ingin pendampingan dari pengacara yang ditunjuk oleh Konjen Belanda. Namun hingga saat ini pengacara penunjukan dari Konjen Belanda masih belum datang.


Mengenai tersangka yang temperamental, kata Ferry, diakuinya karena SDM bule tersebut. Sebab diduga pelaku hanya mengenyam pendidikan setara SD di Belanda dulu.

"Saat kami tanya, dia Elementary School itu aja tidak lulus. Makanya kami hanya menunggu penunjukan pengacara dari Konjen Belanda," pungkasnya.

Seorang perempuan setengah baya, Nur Hofiani (42), warga Jalan Citarum, Kelurahan Panderejo, Banyuwangi tewas di kamar di sebuah rumah di Lingkungan/Kelurahan Gombengsari, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi. Polisi mengamankan pemilik rumah yang merupakan warga negara (WN) Belanda. HT (56) tahun sudah diamankan Polresta Banyuwangi pada Senin (23/12/2019). (fat/iwd)