Kemenko Polhukam Cek Kesiapan Pelabuhan Ketapang untuk Libur Nataru

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 25 Des 2019 17:38 WIB
Kunjungan tim dari Kemenko Polhukam di Pelabuhan Ketapang/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Kemenko Polhukam mengunjungi Pelabuhan ASDP Ketapang, Banyuwangi. Mereka melihat langsung kondisi penyeberangan di Selat Bali, saat libur Natal dan Tahun Baru 2020.

Kunjungan tersebut dipimpin Brigjen Pol Erwin Chahara Rusmana, Asisten Deputi Penanganan Konflik dan Keamanan Transportasi dan Kombes Pol Herdi Pujiono, Kepala Bidang Penanganan Konflik dan Kontijensi Konflik. Bersama dengan Kapolresta Banyuwangi AKBP Arman Asmara Syarifuddin dan GM ASDP Ketapang, Fahmi Alweni, mereka langsung melakukan pengecekan di beberapa pelayanan pelabuhan yang ada di Ketapang

Pengecekan pertama dilakukan di pos pengamanan dan pelayanan di Pelabuhan ASDP Ketapang. "Ada 1.850 personel keamanan, gabungan dari Polri, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Dinas pendukung lainnya beserta organisasi masyarakat. Pengamanan kita lakukan salah satunya di Pelabuhan Ketapang," ujar Kapolresta Banyuwangi AKBP Arman Asmara Syarifuddin, Rabu (25/12/2019).


Pengecekan tak hanya dilakukan di pos pengamanan dan pelayanan. Namun juga ke beberapa kapal yang melayani penyeberangan Ketapang-Gilimanuk ini.

"Kami siapkan 32 kapal yang beroperasi. Sementara saat ini sekitar ada 56 kapal yang ada di pelabuhan ASDP Ketapang," kata GM ASDP Ketapang kepada tim dari Kemenko Polhukam.

Usai melakukan pengecekan, tim Kemenko Polhukam mengapresiasi pengamanan dan pelayanan penyeberangan Jawa Bali ini. Penyeberangan terpadat di Indonesia ini, masih sesuai dengan standardisasi yang diterapkan Kementerian Perhubungan. Kehadiran tim Kemenko Polhukam ini untuk pengecekan on the spot pelabuhan-pelabuhan di Indonesia, untuk menekan angka kecelakaan laut.
Selanjutnya
Halaman
1 2