Jelang Nataru, Pengunjung Keluhkan Telaga Sarangan yang Terkesan Jorok

Sugeng Harianto - detikNews
Selasa, 24 Des 2019 12:32 WIB
Telaga Sarangan, Magetan/Foto: Sugeng Harianto
Magetan - Menjelang libur Natal dan Tahun Baru, Telaga Sarangan di Magetan mulai diserbu pengunjung. Namun para wisatawan mengeluhkan kondisi wisata alam itu yang terkesan jorok.

"Saya jauh-jauh dari Jakarta mudik ke Surabaya tapi mampir dulu sekalian ke Telaga Sarangan. Tapi kok kesannya lokasi jorok," ucap salah seorang pengunjung, Lisa (49) kepada detikcom, Selasa (24/12/2019).

Menurut Lisa, banyak sampah di air dan pinggir telaga. Ia juga mengeluhkan bau menyengat di dekat pintu masuk telaga. Bau menyengat itu diperkirakan dari kotoran kuda.


"Ini juga ada bau kotoran kuda padahal sudah ada penampung kok masih bau," imbuhnya.

Kemudian Siti (35) warga Magetan juga mengeluhkan hal yang sama. Ia mengaku menjumpai sampah botol plastik di banyak titik pinggir Telaga Sarangan. Padahal menurut Siti, pinggir telaga merupakan spot favorit pengunjung yang ingin bersantai menikmati pemandangan.


"Ini banyak botol plastik yang berserakan, emankan ndak (sayang tidak) bisa menikmati pemandangan indah telaga," ujarnya.

Pantauan detikcom, botol plastik dan sampah lainnya banyak ditemukan di titik-titik orang menikmati pemandangan alam. Seperti tampak di pinggir telaga depan pasar di antara penjaja jasa berkuda.



Tonton juga video Liburan Nataru, Penumpang di Terminal Kampung Rambutan Melonjak:

[Gambas:Video 20detik]


(sun/bdh)