Libur Panjang, Pelabuhan Ketapang Diprediksi Ramai H-2 Natal

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 20 Des 2019 16:41 WIB
Pelabuhan Ketapang Diprediksi Ramai (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi - Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Ketapang, Banyuwangi, memprediksi puncak angkutan Natal dan Tahun Baru 2020, terjadi pada H-2 atau 23 Desember 2019 mendatang.

General Manager PT ASDP Ketapang Banyuwangi Fahmi Alweni mengatakan, pada H-2 diperkirakan masyarakat yang hendak merayakan Natal dan Tahun Baru sudah mulai menyeberang melalui Pelabuhan Ketapang. Sebab bersamaan dengan libur panjang sekolah.

"Jadi kayaknya lebih banyak masyarakat yang melakukan perjalanan liburan di Bali melalui jalur penyeberangan Ketapang-Gilimanuk. Kita siapkan armada 56, perasi perhari 24 jam," ujarnya kepada detikcom, Jumat (20/12/2019).

Kata Fahmi, diprediksi untuk peningkatan penumpang pejalan kaki mencapai 10 persen. Sedangkan kendaraan roda dua mencapai 1 persen dan kendaraan roda empat pribadi mencapai 20 persen. Kata dia, pada tahun ini diprediksi banyak masyarakat yang menuju pulau Bali melalui jalur darat. Hal itu imbas dari beroperisnya jalur tol Surabaya- Probolinggo.


"Kami sudah memaksimalkan dengan kesiapan 32 kapal, namun kalau terjadi kondisi kepadatan kami akan mengopersikan kapal- kapal yang berkapasitas besar," kata Fahmi Alweni.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada musim libur panjang Natal dan Tahun Baru 2020. Pihaknya telah menyiagakan 56 unit armada kapal di jalur penyebrangan Ketapang-Gilimanuk. Selain itu loket masuk untuk kendaraan roda dua dan empat masing- masing ditambah 10 unit.

"Ada tambahan 10 unit loket masuk ke pelabuhan," pungkasnya.

Pantauan di lapangan,aktivitas penyebrangan di Pelabuhan Ketapang menuju Pelabuhan Gilimanuk terpantau masih lancar. Tidak ada lonjakan yang berarti baik untuk kendaraan roda dua ataupun kendaraan roda empat. Kendaraan yang menyeberang masih didominasi kendaraan pengangkut barang. (fat/fat)