Cek Angkutan Umum Jelang Libur Nataru di Jombang, Ini yang Ditemukan Polisi

Enggran Eko Budianto - detikNews
Kamis, 19 Des 2019 21:51 WIB
Foto: Enggran Eko Budianto
Jombang - Polisi memeriksa kelayakan angkutan umum di terminal Kepuhsari, Jombang. Hasilnya, ditemukan bus yang tak dilengkapi alat pemecah kaca jendela.

Pengecekan angkutan umum ini menjadi bagian Operasi Lilin Semeru 2019. Kegiatan ini juga melibatkan UPT Dishub LLAJ Jatim, Bupati Jombang Mundjidah Wahab, Dinas Kesehatan dan Dishub Jombang, serta Kasat Lantas Polres Jombang AKP Rizky Fardian.

Petugas gabungan menghentikan setiap bus antar kota antar provinsi (AKAP) maupun bus antar kota dalam provinsi (AKDP) yang masuk ke Terminal Kepuhsari, Jombang. Pemeriksaan pun dilakukan penyeluruh terhadap setiap bus yang datang.


Mulai dari kondisi lampu utama, lampu sein, kaca depan, wiper, ban, kotak P3K, ban cadangan, dongkrak, kunci pembuka roda, hingga kelengkapan administratif seperti SIM, STNK dan buku uji KIR.

"Pengecekan ini kami lakukan untuk memastikan angkutan umum memenuhi standar kelayakan jalan. Agar masyarakat yang menggunakan angkutan umum saat libur Natal dan tahun baru merasa aman dan nyaman," kata Kapolres Jombang AKBP Boby Tambunan kepada detikcom, Kamis (19/12/2019).

Selama 1,5 jam mengecek angkutan umum di Terminal Kepuhsari, petugas gabungan hanya menemukan satu bus yang tak dilengkapi palu pemecah kaca jendela. Alat tersebut dibutuhkan para penumpang untuk membuat jalan keluar dari bus saat terjadi kondisi darurat. Sopir bus pun diberi teguran untuk melengkapinya.


Tidak hanya itu, pemeriksaan kesehatan gratis juga diberikan terhadap para sopir angkutan umum di Terminal Kepuhsari. Seperti pemeriksaan tekanan darah dan tes urine. Seluruh pengemudi yang diperiksa pun dinyatakan sehat dan bebas dari penyalahgunaan narkoba.

"Kami ingin mewujudkan kondisi fisik pengemudi angkutan umum yang sehat, bebas narkoba dalam rangka persiapan libur Natal 2019 dan tahun baru 2020," tandas Boby. (iwd/iwd)