Jelang Nataru, Polisi Tulungagung Ajak Warga Utamakan Toleransi

Adhar Muttaqin - detikNews
Rabu, 18 Des 2019 09:14 WIB
Aksi bersih-bersih gereja di Tulungagung/Foto: Adhar Muttaqin
Tulungagung - Polisi Tulungagung mulai melakukan pengamanan gereja dan tempat ibadah untuk menjamin keamanan perayaan Natal dan Tahun Baru. Polisi juga mengimbau masyarakat untuk mengedepankan sikap toleransi.

Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia mengatakan, pengamanan gereja akan dilakukan secara menyeluruh di semua wilayah jajaran. Terutama pada saat kegiatan peribadatan sedang berlangsung.

"Otomatis, kami menjamin keamanan di Tulungagung pada Natal dan Tahun Baru ini. Namun kami juga meminta dukungan masyarakat agar mengedepankan sikap toleransi, sehingga Tulungagung tetap damai," kata AKBP EG Pandia, Rabu (18/12/2019).


Dalam pengamanan gereja, polisi akan melakukan sterilisasi. Sehingga dipastikan tidak ada barang atau benda berbahaya di lingkungan tempat ibadah. Selain itu pihaknya juga menempatkan sejumlah aparat kepolisian pada saat kegiatan gereja berlangsung.

"Untuk jumlah personel yang kami terjunkan akan disesuaikan dengan jumlah jemaatnya. Di Tulungagung ini jadwal pelaksanaan ibadah kan sudah jelas, sehingga kami akan sesuaikan itu," imbuhnya.

Pihaknya mengaku tidak akan meremehkan situasi keamanan pada saat perayaan Nataru. Meskipun kondisi saat ini cukup aman dan kondusif.

"Kami tidak mau underestimate, karena semua kemungkinan bisa terjadi. Kami tidak boleh lengah dan pengamanan akan kami lakukan dengan baik," imbuh Pandia.


Tonton juga Kakorlantas: Jalur Mudik Libur Natal dan Tahun Baru Kondisinya Fungsional :


Selanjutnya
Halaman
1 2