Tinggal Satu Tahanan Kabur Polresta Malang Kota yang Belum Ditangkap

Muhammad Aminudin - detikNews
Kamis, 12 Des 2019 15:51 WIB
Nurcholis ditandu setelah ditembak kaki tiga kali. (Muhammad Aminudin/detikcom)
Nurcholis ditandu setelah ditembak kaki tiga kali. (Muhammad Aminudin/detikcom)
Malang - Tiga dari empat tahanan Polresta Malang Kota yang kabur akhirnya tertangkap. Tersangka yang terakhir diamankan adalah Nurcholis.

Pria 29 tahun itu ditangkap saat bersembunyi di kebun kawasan Jalan KH Malik Dalam, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Satu tersangka bernama Bayu Prasetyo kini masih dalam pengejaran.

"Satu tersangka atas nama Nurcholis bisa kami amankan. Tinggal satu tersangka lagi atas nama Bayu Prasetyo yang masih dalam pengejaran," ujar Kapolresta Malang Kota AKBP Leonardus Simarmata kepada wartawan di Mapolresta Jalan Jaksa Agung Suprapto, Kamis (12/12/2019).

Dikatakan Leo, seperti halnya dua tersangka lainnya, saat dilakukan penangkapan, Nurcholis melawan petugas. Karena itu, tiga peluru diletupkan ke arah kedua kaki tersangka.


"Tersangka juga membawa dua sikat gigi yang ujungnya sudah diruncingkan. Benda itu melekat pada kedua paha tersangka hingga melukai kakinya sendiri saat ditangkap," tegas Leonardus.

Ketika dihadirkan dalam konferensi pers, Nurcholis harus dibawa menggunakan tandu. Kondisi fisik Nurcholis juga dikatakan masih lemah, sehingga petugas belum dapat menginterogasi tersangka.

"Kami belum jauh memeriksa tersangka. Karena terkendala kondisinya yang masih lemah," tutur Leonardus.

Dikatakan, setelah kabur dari ruang tahanan dan meninggalkan Mapolresta, Nurcholis kemudian membajak ojek online untuk mengantarkannya ke kawasan Jalan KH Malik Dalam atau lokasi dia tertangkap kemarin malam.


"Awalnya sembunyi di rumah kosong, kemudian berpindah ke area kebun. Ada kakak tersangka dan warga yang mengetahui keberadaannya. Kami kemudian melakukan pengintaian dan mengamankan tersangka malam kemarin," ujar Leonardus.

Terhadap tahanan terakhir yang belum tertangkap, Leo meminta tersangka Bayu Prasetyo segera menyerahkan diri sebelum tim di lapangan yang melakukan pengejaran berhasil mengamankan terlebih dahulu.

Seperti diketahui, empat tahanan Polresta Malang Kota kabur pada Senin (9/12/2019) dini hari. Mereka adalah Sokip Yulianto, Nurcholis, Bayu Prasetyo, dan Andria alias Ian. Keempatnya merupakan tersangka kasus penyalahgunaan narkoba.

Satu per satu tersangka bisa diamankan kembali. Yang pertama adalah Adrian alias Ian, warga Jodipan, Kota Malang. Selanjutnya Sokip Zulianto dan disusul Nurcholis. (fat/iwd)