Dua Pengangguran Ditangkap karena Nekat Jadi Pemalsu Dokumen

Amir Baihaqi - detikNews
Rabu, 11 Des 2019 13:36 WIB
Dua pemalsu dokumen yang tertangkap (Amir Baihaqi/detikcom)
Surabaya - Dua pemalsu dokumen negara, yakni Berry Prima Pranata (28) dan Sigit Dwi Saputro (43), ditangkap polisi. Mereka ditangkap karena memalsukan SIM, KTP, hingga ijazah.

Kapolsek Sawahan Kompol Argya Satrya Bhawana mengatakan pemalsuan dokumen yang dilakukan kedua tersangka dilakukan sejak sekitar 3 minggu lalu. "Keterangan pelaku, yang dilakukan sudah berjalan sekitar 3 minggu. Dilakukan Berry dan dibantu oleh Sigit," kata Argya kepada wartawan, Rabu (11/12/2019).


Ia menuturkan pemalsuan dokumen tersebut terungkap berkat adanya informasi yang beredar di masyarakat tentang seseorang yang mampu mencetak sejumlah dokumen. Dari informasi itu, pihaknya kemudian melakukan penyamaran untuk memesan.

"Terbongkarnya karena dari anggota kami menyamar dan memesan. Karena ada informasi ada orang bisa mencetak dengan mudah SIM dan KTP," terangnya.

Dari tangan pelaku, polisi menyita sejumlah barang bukti, yakni seperangkat komputer dan sejumlah dokumen negara, seperti 12 KTP, 7 SIM, dan 5 lembar ijazah SMAN 5. Semuanya palsu.
selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2