Air Bengawan Solo di Lamongan Berwarna Kehitaman

Eko Sudjarwo - detikNews
Selasa, 10 Des 2019 09:51 WIB
Sungai Bengawan Solo di Lamongan yang airnya menghitam/Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan - Warga Lamongan yang tinggal di bantaran Sungai Bengawan Solo dikagetkan dengan kondisi air yang berwarna kehitaman. Kondisi tersebut sudah terjadi dalam dua hari terakhir.

Salah seorang warga yang tinggal di sekitar Bengawan Solo, Trisno mengaku berkali-kali mengecek kondisi air bengawan dalam dua hari terakhir. Hasilnya tetap berwarna kehitaman.

"Sudah 2 hari ini air bengawan berwarna kehitaman," kata Trisno pada wartawan, Selasa (10/12/2019).


Menurut Trisno, peristiwa menghitamnya air Bengawan Solo baru kali ini terjadi. Biasanya air akan berwarna keruh kalau dapat kiriman dari hulu atau atau pasang setelah hujan deras.

"Kalau biasanya hanya keruh kalau air datang, tapi yang sekarang ini berwarna kehitaman," imbuh warga yang tinggal di Lengkong, Kelurahan/Kecamatan Babat.

Kondisi air bengawan yang kehitaman juga dibenarkan Suyanto. Ia menyebut kondisi air berwarna kehitaman sudah terjadi sejak 2 hari terakhir.

"Saya juga kaget sewaktu lihat kondisi airnya yang berwarna hitam ini," terangnya.

Kedua warga yang tinggal tak jauh dari Sungai Bengawan Solo ini mengaku tidak tahu penyebab air berwarna kehitaman. Mereka hanya menduga, air Bengawan Solo tercemar limbah.


Suyanto juga menyampaikan, meski air masih berwarna hitam, warga tetap memanfaatkannya untuk keperluan sehari-hari. "Tidak tahu kenapa, mungkin karena tercemar limbah," lanjut Suyanto.

Pantauan detikcom di bawah Jembatan Widang, Lamongan, kondisi air tidak lagi bening atau keruh layaknya air sungai. Air yang ada di sungai terpanjang di Jawa ini berwarna hitam. Ketika dituang ke dalam gelas plastik, kondisi air tampak seperti air teh.


Tonton juga Perusahaan Diberi Waktu 12 Bulan Tak Cemari Bengawan Solo :

[Gambas:Video 20detik]

(sun/bdh)