Safaat Beriman Hadir di Jombang untuk Tangkal Radikalisme, Seperti Apa?

Enggran Eko Budianto - detikNews
Sabtu, 07 Des 2019 14:12 WIB
Safaat Beriman dikenalkan Polres Jombang (Foto: Enggran Eko Budianto)
Safaat Beriman dikenalkan Polres Jombang (Foto: Enggran Eko Budianto)
Jombang - Paham radikalisme dan terorisme bisa bercokol di mana saja. Tak terkecuali di Kabupaten Jombang yang dikenal dengan Kota Santri. Oleh sebab itu, Safaat Beriman hadir untuk menangkal paham tersebut. Seperti apa?

Safaat Beriman merupakan akronim dari Safari Salat Jumat Bersama Kita Aman. Ya, salat Jumat dari masjid satu ke masjid yang lainnya rutin dilakukan Kapolres Jombang AKBP Boby Pa'ludin Tambunan bersama para pejabat utama di institusinya.

Tak sekadar ikut menunaikan salat Jumat berjamaah, Kapolres Jombang juga menyampaikan imbauan kepada para jemaah yang hadir. Di akhir Safaat Beriman, Boby memberikan hadiah untuk masjid berupa kitab suci Alquran, karpet lantai dan jam dinding.


"Safaat Beriman ini untuk pemantapan Harkamtibmas sesuai dengan tujuh program prioritas Kapolri untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap kepolisian," kata Boby kepada detikcom, Sabtu (7/12/2019).

Boby menjelaskan terdapat 3 poin imbauan yang selalu dia sampaikan ke para jemaah masjid di setiap acara Safaat Beriman. Salah satu yang utama adalah kewaspadaan masyarakat terhadap paham radikalisme.

"Masyarakat agar selalu waspada serta menangkal paham radikalisme dan terorisme yang ada di sekitar kita," terangnya.


Mantan Kapolres Bangkalan ini juga mengajak masyarakat menjadikan narkoba musuh bersama. Karena kasus peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Kota Santri saat ini cukup tinggi.

"Jangan sampai narkoba merusak generasi penerus bangsa. Mari bersama-sama kita wujudkan situasi Jombang yang aman, damai dan kondusif," tandasnya.

Simak Video "Datangi Mahfud Md, Erick Thohir Dapat Laporan soal Radikalisme di BUMN"

[Gambas:Video 20detik]

(iwd/iwd)