Satwa Dilindungi Milik Warga Pasuruan Diamankan,Termasuk 4 Buaya

Muhajir Arifin - detikNews
Jumat, 06 Des 2019 15:01 WIB
Salah satu satwa yang disita (Foto: Muhajir Arifin)
Pasuruan - Polres Pasuruan dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jatim mengamankan belasan satwa dilindungi dari warga Pandaan. Satwa yang diamankan terdiri dari satwa hidup dan yang sudah diawetkan.

Belasan satwa dilindungi diamankan dari rumah Sugik Yono (58) warga Dusun Jatianom, Desa Karangjati, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Selain mengamankan satwa, pemilik juga diamankan dan sudah ditetapkan sebagai tersangka.

"Awalnya polisi menerima laporan masyarakat yang resah karena yang bersangkutan memelihara buaya dalam ukuran besar. Kami melakukan penyelidikan dan kemarin mengecek rumah tersangka dan didapati belasan satwa hidup dan sudah mati," kata Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Rifto Himawan di Mapolres Pasuruan Jalan dr Soetomo, Bangil, Jumat (6/12/2019).

Satwa yang ditemukan di rumah tersangka antara lain 4 buaya, 3 kakatua jambul kuning, 1 kakatua maluku, 1 ekor burung nuri kepala hitam, 1 ekor kukang. Selain itu didapati satwa mati dan sudah diawetkan yakni 1 trenggiling, 1 buaya anakan, 2 ekor berang-berang dan tengkorak rusa.


"Tersangka mengaku satwa-satwa ini merupakan peliharaan pribadi," terang Rofiq.

Pihaknya masih melakukan pengembangan kasus ini. Polisi sudah mengantongi bukti beberapa pihak yang menjual satwa-satwa tersebut ke tersangka.

"Apakah satwa-satwa ini memang hanya dipelihara atau diperjualbelikan kami masih kembangkan dan dalami," tandas Rofiq.


Kasi Konservasi Wilayah BKSDA Jatim, Mamat Ruhmat, mengatakan satwa-satwa yang mati akan segera dimusnahkan sementara satwa yang hidup akan dibawa ke kantor BKSDA di Surabaya.

"Untuk burung akan kita bawa ke kantor BKSDA di Surabaya. Untuk buaya kita sedang koordinasi dengan lembaga-lembaga konservasi yang ada," kata Mamat.




Tonton juga video Pria Thailand Ini Buat Kandang Mewah untuk Hewan Terlantar:

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)