Renovasi GBT Demi Venue Piala Dunia U-20, Ini Masukan dari Bonek

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Kamis, 05 Des 2019 21:12 WIB
Perwakilan bonek yang diundang untuk memberi masukan (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Perwakilan bonek yang diundang untuk memberi masukan (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya - Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) akan direnovasi demi terpilih untuk venue Piala Dunia U-20 2021. Bonek pun diundang untuk memberi masukan terkait renovasi tersebut.

Beberapa koordinator suporter mulai dari Green Nord, Tribun Timur, Tribun Kidul dan Gate 21 ikut diundang dalam rapat yang digelar di kantor Bappeko di Jalan Pacar. Mereka memberikan masukan mulai dari akses stadion, single seat, lampu penerangan, hingga jalur evakuasi.

Masukan datang salah satunya dari Capo Ipul, koordinator dari Green Nord. Capo menyarankan agar menggunakan single seat yang bisa dilipat dan bukan permanen.

"Kami menyarakan agar kursi single seatnya bisa dilipat. Selain itu, untuk pagar-pagar besi yang di dalam stadion, saya rasa bisa dievaluasi. Kami minta agar dibuat mengunakan kaca mika dan dilis stainless saya rasa lebih efektif," kata Capo saat rapat dengan Pemkot Surabaya di kantor Bappeko Surabaya, Kamis (5/12/2019).


Hal yang sama disampaikan Husein atau yang akrab dipanggil Cak Conk. Cak Conk mengatakan setelah proses renovasi Stadion GBT untuk venue Piala Dunia, dia ingin stadion ini bisa dinikmati oleh warga Surabaya dalam hal ini tim Persebaya.

"Fasilitas di tribun, lampu, lapangan bolanya bisa lebih baik lagi. Selama ini lorong-lorongnya gelap dan sering terjadi kriminalitas (pencopetan). Selain itu tribunnya jangan asal ngecat warna merah. Saya harap serba hijau karena ini Surabaya, green force," ujar Husain.

Sementara itu, terkait masukan suporter, Kepala Bappeko Surabaya Ery Cahyadi akan mengakomodir saran dan masukkan para Bonek. Menurutnya selama ini para suporter yang langsung merasakan suasana di stadion.

"Memang betul masukan dari suporter itu, Pemkot Surabaya akan membuat pembatas di tribun yang terbuat dari bahan mika tebal, tapi detail bahannya kami masih belum tahu. Pokoknya nanti ditekan tidak pecah. Selain itu, terkait lampu itu menjadi catatan kami," ujar Ery.


Ery memastikan jika kapasitas stadion yang sebelumnya sekitar 55 ribu penonton akan menjadi 45 ribu penonton setelah dipasang kursi single seat. Sedangkan warna kursi single seat nantinya gradasi warna hijau muda dan kuning.

"Sesuai dengan perencanaan kita warnanya. Alhamdulillah tadi banyak masukan yang nantinya buat kami sempurna," tandas Ery. (iwd/iwd)