Wanita yang Ditinggal Suami Karena Bayinya Cacat Hidup dari Bantuan

Wanita yang Ditinggal Suami Karena Bayinya Cacat Hidup dari Bantuan

Amir Baihaqi - detikNews
Rabu, 04 Des 2019 13:44 WIB
Dina sedang menggendong bayinya yang cacat/Foto: Amir Baihaqi
Dina sedang menggendong bayinya yang cacat/Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - Usai melahirkan Muhammad Pandhu Firmansyah, Dina Oktavia membesarkan bayinya yang cacat bersama ibunya. Pasalnya, suami dan keluarganya tidak mau menerima bayi yang didiagnosa mengalami facial cleft tessier hydrocephalus myelomeningocele.

Beruntung, kisah pilu Dina viral dan terdengar Pemkot Surabaya. Sejak saat itu, berbagai bantuan mulai berdatangan. Baik dari pemerintah, relawan maupun komunitas yang peduli dengan nasibnya.

Dina mengakui, berbagai bantuan yang diterima sangat meringankan beban yang harus ditanggungnya. Terlebih, Dina sudah tidak bekerja dan hanya fokus mengurus bayinya saja.


Menurut Dina, berbagai bantuan itu datang sejak bayinya menginjak usia 3 bulan. Waktu itu Pemkot Surabaya datang menawarkan bantuan untuk mengurus administrasi. Tak hanya itu, dari Dinas Sosial juga mulai rutin mengirim susu untuk anaknya.

"Kalau bantuan sejak 3 bulan yang lalu. Dari pemkot untuk menguruskan KK, akte dan BPJS Kesehatan Penerima Bebas Iuaran (PBI). Dari Dinas Sosial tiap bulan ada bantuan susu," kata Dina kepada detikcom di Rusun Gunungsari, Rabu (4/12/2019).
Selanjutnya
Halaman
1 2