Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Kapal di Ketapang-Gilimanuk Diuji Petik

Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Kapal di Ketapang-Gilimanuk Diuji Petik

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 04 Des 2019 13:11 WIB
Foto: Ardian Fanani
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Jelang libur Natal dan Tahun Baru 2020, Marine Inspector Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungwangi melakukan uji petik atau Ram check pada seluruh Kapal penyeberangan yang beroperasi di pelabuhan penyeberangan Ketapang-Gilimanuk.

Uji petik diawali di Kapal Satya Kencana II milik dari PT Dharma Lautan Utama yang sedang off, Rabu (4/12/2019). Nantinya total ada 56 kapal yang melayani penyeberangan Ketapang-Gilimanuk diperiksa. Selama dua minggu, kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui kesiapan kapal menghadapi liburan Natal dan Tahun baru.

"KSOP Tanjung Wangi menyiapkan 6 tim untuk melakukan uji petik pada 56 kapal. Uji petik ini dilaksanakan atas instruksi Dirjen Perhubungan Laut untuk kapal penumpang dalam rangka persiapan liburan Natal dan tahun baru," jelas Plh. Kasi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli, KSOP Tanjungwangi, Ade Sucipto, kepada detikcom, Rabu (4/12/2019).

Pengecekan yang dilakukan meliputi pemeriksaan mesin, anjungan kapal, alat navigasi, alat pemadam kebakaran hingga alat-alat keselamatan seperti life jacket, liferaft, lifebuoy, hingga sekoci penolong.


"Hasil ram check Kapal Satya Kencana II tadi sangat positif, berfungsi semua. Uji petik dilakukan pada kapal yang sedang off agar tidak menggangu operasionalnya. Ini dalam rangka menunjang angkutan Natal dan tahun baru," jelasnya.

Pemeriksaan menyeluruh dilakukan dalam upaya keselamatan penyeberangan. Jika ditemukan ada kapal membandel, maka kapal tersebut tidak diizinkan berlayar. KSOP akan menunda keberangkatan kapal sampai kekurangan yang ditemukan dipenuhi.

"Nanti kita laporkan ke pusat kapal-kapal mana saja yang boleh berlayar atau memenuhi standar angkutan Natal dan tahun baru," tegasnya.

Sementara itu, perator Kapal Satya Kencana II mengaku sudah mempersiapkan angkutan untuk libur Natal dan tahun baru. Kru kapal secara rutin melakukan latihan keselamatan yang meliputi kebakaran, kapal kandas. Latihan dilakukan setiap kapal sedang off atau tidak beroperasi.


"Kapal Satya Kencana II ini alat keselamatannya sudah standar internasional mulai peralatannya sampai kru-nya. Dari sisi keselamatan kita juga pasang CCTV per ruangan. Bisa dimonitor dianjungan dan kantor cabang," kata Sunaryo, Manager Cabang PT. Dharma Lautan Utama, selaku operator Kapal Satya Kencana II.

Selain itu untuk angkutan Natal dan tahun baru pihaknya akan memberikan hiburan dari artis Banyuwangi selama pelayaran. Ada juga lomba mengenakan life jacket dan lomba mewarnai untuk anak.

"Sehingga pengguna jasa yang liburan ke Bali, selain di Bali sudah berlibur nanti dikapalkan juga akan berlibur. Kita siapkan hiburan di atas kapal," katanya. (iwd/iwd)