Khofifah Targetkan SPAM Umbulan Beroperasi Akhir Desember

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Senin, 02 Des 2019 10:23 WIB
Saat Gubernur Khofifah sidak di SPAM Umbulan/Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa sidak proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan di Winongan, Kabupaten Pasuruan. Khofifah ingin proyek ini segera beroperasi.

Khofifah menyampaikan, kunjungannya ini untuk percepatan operasional distribusi SPAM Umbulan. Sejak tahun 2017 lalu, SPAM telah ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN).

Proyek SPAM Umbulan kini telah memasuki tahap akhir pembangunan infrastruktur jaringan perpipaan. Pembangunan jaringan pipa yang dilakukan di lima kabupaten dan kota sudah mencapai 96 persen. Dari total 96,5 kilometer panjang jaringan pipa dari Kabupaten Pasuruan hingga Kabupaten Gresik, kini hanya 10.900 meter saja jaringan pipa yang belum tersambung.


"Kita ingin mempercepat operasional air SPAM Umbulan untuk mengatasi kebutuhan air bersih di lima kabupaten dan kota di Jawa Timur. Yaitu di Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik," kata Khofifah di Pasuruan, Senin (2/12/2019).

Jika distribusi air SPAM Umbulan yang memiliki debit air 4.000 liter per detik beroperasi, maka akan ada 1,3 juta penduduk yang terbantu masalah kebutuhan air bersihnya melalui 300.000 pelanggan baru PDAM.

Untuk itu, Khofifah menargetkan dalam waktu singkat, paling tidak minggu ketiga Desember 2019, SPAM Umbulan bisa dioperasikan dan mendistribusikan air bersih ke masyarakat secara bertahap.

"Maksimal minggu ketiga bulan Desember 2019 insya Allah kita akan mulai operasionalkan distribusi air bersih dari proyek SPAM Umbulan. Distribusi air bersih akan dilakukan mulai Kabupaten dan Kota Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo dan Kota Surabaya dengan titik akhirnya di Putat Gede," imbuhnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2