Ngaku Bisa Gandakan Uang 10 Kali Lipat, Komplotan Penipu Ini Ditangkap

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Rabu, 27 Nov 2019 16:08 WIB
Konferensi pers Polda Jatim/Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Modus penipuan Dimas Kanjeng yang mengklaim bisa menggandakan uang telah lama terbongkar. Namun modus penipuan seperti itu masih menelan korban di masyarakat.

Seperti yang dilakukan empat penipu di Desa Sumber Jati, Sempolan, Jember. Mereka mengklaim bisa menggandakan uang hingga 10 kali lipat.

"Berkaitan dengan kejahatan penggandaan uang, yang bersangkutan ini berkomplot. Ada empat orang tersangka. Ada yang dari Sumatra, ada juga yang dari Jember dan korbannya ini sementara satu," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Rabu (27/11/2019).


Keempat tersangka yakni Rudy Rahmat Nenggolan warga Sibolga-Sumatra Utara, Andriono warga Ambon, Ahmad Firman dan Hadri atau Toni dari Jember. Menurut Barung mereka memiliki peran berbeda-beda.

Barung menduga, kemungkinan besar korban kasus penipuan ini lebih dari satu orang. Hingga kini, pihaknya masih melakukan pendalaman. Selain itu, Barung juga meminta masyarakat yang merasa tertipu komplotan ini, untuk segera melapor.


Simak Video "Ngaku Bisa Gandakan Uang, Nenek di Makassar Diciduk Polisi"