Tak Hanya Rajin Tanam Tabebuya, Pemkot Surabaya Juga Punya Pembibitannya

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Sabtu, 23 Nov 2019 08:03 WIB
Bunga tabebuya yang tengah bermekaran/Foto: Istimewa
Bunga tabebuya yang tengah bermekaran/Foto: Istimewa
Surabaya - Saat ini Surabaya tengah merona karena ribuan pohon tabebuya berbunga. Pemkot Surabaya ternyata sudah lama melakukan pembibitan tabebuya di Kebun Bibit Wonorejo.

Seperti yang disampaikan Kepala Bidang Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya, Hendri Setianto. Menurutnya, beberapa tabebuya yang dibudidayakan terdiri dari berbagai jenis. Mulai yang berwarna kuning, putih hingga pink.

"Pembibitan ini kita upayakan untuk jangka panjang. Kalau pembibitannya sekarang, penanamannya lima tahun mendatang," kata Hendri saat dikonfirmasi, Sabtu (23/11/2019).


Pembibitan tabebuya Pemkot Surabaya/Pembibitan tabebuya Pemkot Surabaya/ Foto: Istimewa

Hendri menjelaskan, pembibitan tabebuya tidak hanya untuk kebutuhan di taman saja. Bagi masyarakat yang ingin menanam tabebuya akan diberikan secara gratis dengan mengajukan diri ke DKRTH.

"Kalau minta, kita kasih cuma-cuma. Tapi tak sebesar yang ditanam di pinggir-pinggir jalan. Karena masih membutuhkan waktu," imbuh Hendri.

Hendri melanjutkan, di Kebun Bibit Wonorejo yang luasnya mencapai satu hektar itu dikembangkan proses pembibitan berbagai jenis tanaman. Area pembibitan tabebuya menempati lahan berukuran 100 x 2 meter yang terdiri dari beberapa blok.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3